Home / Bangka Belitung / Lakukan Kunjungan Wisata Budaya, Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Mampir ke Rumah Adat Melayu Belitung
IMG_20221205_145343

Lakukan Kunjungan Wisata Budaya, Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Mampir ke Rumah Adat Melayu Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Rombongan dari Fakultas Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung  lakukan kunjungan ke Rumah Adat Melayu Belitung yang beralamat di Jalan A.Yani Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin, 5 Desember 2022.

Kedatangan rombongan ini dipimpin  Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Dr. Dadang Rahmat Hidayat S.Sos, SH,,MSI dan para dosen beserta mahasiswa yang diterima langsung Ketua LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) Drs. H Abdul Hadi Adjin yang juga merupakan alumni UNPAD Bandung.

IMG_20221205_145522

Saat dikonfirmasi media online trawangnews.com di rumah adat melayu Belitung, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Dr. Dadang Rahmat Hidayat S.Sos, SH,,MSI sampaikan bahwa kedatangannya sebatas kunjungan wisata ke Belitung sekaligus melihat berbagai lokasi kawasan wisata di Belitung dan termasuklah juga kawasan wisata budaya rumah adat melayu Belitung.

“Kita dari Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD ingin melihat dan ingin tahu keberadaan rumah adat itu sendiri. Sebab itu, khususnya di Belitung yang terkenal dengan laskar pelanggi disamping juga adat serta kearifan lokal dan nilai-nilai budayanya sudah terbentuk. Jadi, disini kita ingin belajar atau ingin mengembangkan dan mentransmisikan adat istiadat ini secara lebih komprehensif. Kita tahu disini ada lembaga adat. Ada juga lembaga adat ditempat lainnya. Dan juga kita kenal adanya persatuan adat nusantara yang tentunya bagus untuk kebhinnekaan kita dan menciptakan rasa kebangsaan. Dengan adanya rumah adat, paling tidak punya sesuatu yang fisik. Kalau tempat lain rumah adat hampir kebanyakan sudah tidak ada. Yang ada hanya di Taman Mini. Tapi disini ada, jadi ini bisa menjadi Inspirasi bagi kami. Barangkali UNPAD bisa buat rumah adat di kampus atau di tempat yang lain,” katanya.

Ia juga ungkapkan bahwa tak menutup kemungkinan akan bekerjasama terutama dalam hal kajian budaya seperti komunikasi lintas budaya.

“Dan seringkali kita tidak memahami budaya. Dan kesalahan memahani budaya bisa jadi gagal paham, gagal sosial , gagal berkomunikasi dan gagal berbangsa dan bernegara. Jadi, kita mungkin bisa jajaki kerjasama tersebut nantinya, harus ada dalam bentuk hitam diatas putih boleh atau kalau tidak ada, pun kita saling berkunjung juga boleh. Mungkin bisa dalam bentuk riset atau dalam bentuk pengabdian masyarakat,” katanya.

Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin menyambut baik kunjungan dari rombongan dari fakultas ilmu komunikasi UNPAD ini ke rumah adat melayu Belitung.

“Kami siap menerima kunjungan berikutnya bila ke rumah adat melayu Belitung untuk berbagai kegiatan riset atau hal-hal lainnya yang berkenaan dengan adat budaya serta kearifan lokal,” katanya.

Secara sekilas, Hadi menyampaikan keberadaan lembaga adat ini diatur oleh peraturan daerah yang melaksanakan upaya kegiatan pelestarian adat, budaya serta kearifan lokal serta juga ikut menjaga lingkungan hidup agar lestari sepanjang masa.*