Home / Bangka Belitung / LAMBEL Hadiri Acara Berapit Ketong, Ngenggalorkan Budaye Belitong

LAMBEL Hadiri Acara Berapit Ketong, Ngenggalorkan Budaye Belitong

Bagikan :

MEMBALONG: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) hadiri acara Berapit Ketong / Ngenggalorkan Budaye Belitong, dalam rangkaian kegiatan KSPLB (Komunitas Siswa Penggiat Literasi Budaya) , yang bertempat di SMAN 1 Membalong, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Pada acara ini pihak Komunitas Siswa Penggiat Literasi budaya SMAN 1 Membalong mengelar sarasehan seputar eksplorasi keunikan budaya Belitong dalam proses pembuatan buku Ragam Budaya Urang Belitung yang ditulis oleh SMA 1 Negeri Membalong.

Adapun kegiatan acara ini dilaksanakan sekaligus dalam kaitan Dies Natalis SMA Negeri 1 Membalong ke 18.

Acara kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua LAMBEL Achmad Hamzah dan Bendahara LAMBEL Karseno, kepala sekolah SMA Negeri 1 Membalong, Babinsa, bhankamtibnas, perwakilan dinas pariwisata, perwakilan dinas kearsipan, tokoh budaya masyarakat Membalong, dinas Pariwisata, Pengawas sekolah SMK/SMU provinsi Babel, tokoh masyarakat, tokoh budaya, dan orang tua siswa.

Adapun narasumber pada acara diskusi ini adalah Tokoh adat budaya Desa Kembiri Kik Sar,ie, Ketua DKB (Dewan Kesenian Belitung) Ikbal Saputra MA sekaligus pendamping akademis),  Marwan Hasan dari Kalitbang PSKB.

Salah seorang dari Wakil Ketua LAMBEL Achmad Hamzah berapresiasi dan menyambut baik digelar kegiatan seperti ini.

Hamzah menyebut even kegiatan ini mungkin yang pertama diadakan pihak sekolah untuk menulis budaya setempat dan diharapkan nantinya akan timbul penulis baru sebagai standar akademis dengan mengangkat budaya lokal Belitung yang bergerak dari Selatan.

“Semoga kegiatan seperti ini diikuti oleh SMA lainnya di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Belitung, ” katanya*