Home / Bangka Belitung / LAMBEL Harap UPTD Museum Bisa Jadi Pusat Informasi Peradapan Budaya

LAMBEL Harap UPTD Museum Bisa Jadi Pusat Informasi Peradapan Budaya

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) memenuhi undangan kepala UPTD Meseum Belitung, tanggal 26 juli 2021, yang bertempat di salah satu gedung pertemuan UPTD Museum Belitung.

Ketua LAMBEL Drs. H Abdul Hadi Adjin kepada benarkan pertemuan dengan Kepala UPTD Museum Jepriyadi A Lumba

Menurut Hadi, materi diskusi adalah pihak UPTD meminta saran dan masukan tentang bagaimana membangun sebagai pusat informasi peradapan budaya melayu Belitong sekaligus menyiapkan fungsi dan kedudukan museum sebagai pusat edukasi dan rekreasi masyarakat yang akan datang.

Oleh karena itu, kata Hadi, dirinya mendukung serta siap berkontribusi bersama UPTD museum guna memajukan dan melestarikan adat budaya dan melestarikan lingkungan hidup serta kearifan lokal.

Untuk yang akan datang, lanjut Hadi, LAMBEL menyarankan ke UPTD agar melaksanakan diskusi-diskusi seperti ini kepada BP Geopark, tokoh adat dan pemerhati budaya serta komunitas kearifan lokal yang ada di pulau Belitong guna melakukan pengumpulan informasi dan pembuatan narasi koleksi-koleksi yang ada di simpan di museum, koleksi tentang adat budaya pegawai Belitong, koleksi tambang timah sejak dulu pertama sampai dengan dengan sistem tambang timah modern, koleksi bermacam keris koleksi keramik cina dan lain lainnya.

Adapun kesimpulan dari diskusi ini sependapat diskusi seperti ini terus dilanjutkan dan dengan mengikutkan / mengundang tokoh-tokoh adat dan budaya dan cakupan yang luas serta materi diskusi yang FOKUS sesuai dengan program perioritas UPTD museum.
“Karena diskusi seperti ini sangat bermanfaat sekaligus meningkatkan silaturahmi sesamanya,” katanya.*