Home / Bangka Belitung / LSM Belati Usul Test PCR Swab Bagi yang Datang ke Belitung
IMG-20201121-WA0015

LSM Belati Usul Test PCR Swab Bagi yang Datang ke Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Untuk mengantisipasi semakin hari covid-19 kian bertambah, Pemkab Belitung harus mengatur setiap warga pendatang yang masuk pulau Belitung untuk dilakukan test PCR Swab khusus saat tiba dibandara ataupun pelabuhan.

Hal ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Ini usul dan saran saja bagi pemkab,” kata Ani Saputra SPi Ketua LSM Belati.

Ani mencontohkan saat ini semakin hari semakin bertambah covid sebagai dampaknya kurang ketat pengaturan protokol kesehatan termasuklah tadi soal test PCR swab.

“Bayangkan, tiap hari terus bertambah dan terkonfirmasi covid-19,” katanya.

Ia menilai kalau hanya sebatas rapid tes itu kurang efektif dan kurang begitu akurat. Namun baiknya lebih akurat menggunakan tes PCR swab.

“Setiap orang pendatang ke Belitung wajib test PCR swab. Dan bila sampai dibandara langsung test swab oleh tim satgas covid-19 dan kesehatan.
Bila positif langsung dikarantina ke skb atau tempat resmi yang ditentukan pemda untuk karantina¬† atau diberi tawaran untuk kembali daerah asal. Namun bila negatif mereka dipulangkan dan berjanji untuk mengikuti protokol kesehatan (dan membuat surat pernyataan akan menerapkan protokol kesehatan selama berada di Belitung) , ” katanya.

Ia juga meminta pemkab jangan sampai lengah terhadap masalah dan perlu ketegasan menyikapi covid-19.*