Home / Bangka Belitung / Nelayan Suak Gual Bersyukur Atas Program Kalaju yang Dimudahkan Akses Kegiatan Kenelayanan
IMG_20221113_113436

Nelayan Suak Gual Bersyukur Atas Program Kalaju yang Dimudahkan Akses Kegiatan Kenelayanan

Bagikan :

SELATNASIK: Para nelayan di kampung Nelayan Maju, Suak Gual mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Dinas Perikanan kabupaten Belitung atas dukungan kepada nelayan terkait berbagai kegiatan nelayanan di Kalaju (Kampung Nelayan Maju) Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, pada Sabtu, 12 Nopember 2022.

Hal itu disampaikan Nelayan Suak Gual Indra yang juga sekaligus Ketua Panitia Acara Festival dan Selamatan laut di Suak Gual kepada media belum lama ini, saat acara kegiatan festival dan selamatan laut, di Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik.

IMG_20221113_112702

Indra menyampaikan dukungan terima kasih kepada kementerian kelautan Perikanaan RI dan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung karena saat ini para nelayan di Suak Gual dipermudahkan dalam hal akses permodalan maupun bantuan-bantuan lainnya.

“Terima kasih berkat dukungan semua pihak yang telah memperlancar berbagai aktivitas kenelayanan di Suak Gual,” katanya.”

Adapun sejak ditetapkan KKP ( kementerian kelautan dan Perikanan) RI sebagai program percontohan di kampung nelayan maju, desa suak gual sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan.
Sebelum ditetapkan kalaju, pada saat itu ada beberapa nelayan yang beraktivitas dan memiliki kapal. Namun, sejak mendapatkan akses permodalan dari pihak perbankan, kini di suak gual terdapat ratusan kapal yang dimiliki nelayan.

Disamping itu, nelayan di Suak Gual ini diberikan pelatihan pembuatan bubu lipat ikan dari balai besar pengembangan penangkap ikan (BBPPI) Semarang.

IMG_20221113_114620
Begitu juga, Nelayan Suak Gual juga diberikan Pelatihan dari kementerian kelautan dan perikanan dalam mengembangkan diversifikasi usaha nelayan dan keluarga nelayan seperti pengolahan hasil perikanan yang dilatih dari balai pelatihan dan penyuluhan perikanan medan dan pembuatan ecoprint di kampung nelayan maju untuk penambahan bagi istri nelayan dengan diberikan pelatihan dari direktorat kenelayanan dan perizinan KKP RI dan dukungan pembinaan ke lapangan dari Penyuluh Perikanan untuk mensukseskan program Kalaju. *