New Normal, Kegiatan Pembinaan WBP Mulai Dilaksanakan Secara Bertahap

TANJUNGPANDAN: Berbagai Kegiatan Pembinaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang sempat dihentikan imbas dari Pandemi Covid-19 mulai dilaksanakan secara bertahap. Bertempat di Lapangan Upacara, WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melaksanakan Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Senin (29/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasi Adm Kamtib Hardiansyah, sedangkan petugas upacara seluruhnya merupakan WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Upacara dimulai dari Pukul 08.00 s.d 08.30 WIB dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kecintaan kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Upacara ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Seksi Binapi Giatja dibawah pengawasan dan dikoordinir langsung oleh Kasubsi Registrasi dan Bimkemas.

IMG 20200630 WA0004
Kepada Media Kasi Binapi Giatja Heri, S.AP melalui Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Endang Meidiansyah, S.AP menjelaskan Upacara kesadaran berbangsa dan bernegara dilaksanakan 2 kali dalam sebulan, minggu pertama dan minggu ketiga setiap Bulannya. Namun karena pandemi covid – 19 kegiatan tersebut dihentikan sementara untuk mengurangi aktivitas WBP diluar kamar. Untuk menyambut Era New Normal ini, Kami melaksanakan secara bertahap berbagai Kegiatan Pembinaan bagi WBP yang sempat dihentikan. Namun untuk kegiatan yang melibatkan pihak luar belum kami laksanakan termasuk Layanan Kunjungan WBP tetap masih menggunakan layanan video call, jelasnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres, Kejaksaan maupun PN terkait penerimaan Tahanan. Kita juga sudah mulai menerima tahanan baru dengan syarat dan ketentuan sesuai protokol kesehatan. Intinya harus melampirkan hasil rapid test dan sudah berstatus Inkracht. Edaran terbaru juga sudah kami koordinasikan terkait penerimaan Status Tahanan A3 (Tahanan PN) juga sudah bisa dititipkan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan Upacara bendera memiliki makna yang sangat penting untuk memantapkan kualitas pengabdian juga meningkatkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara bagi WBP. Dalam menyambut Era New Normal ini pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal terkait protokol kesehatan. Petugas P2U yang bertugas menerima dan memeriksa Tahanan baru harus menggunakan masker dan Face Shild.

“Kegiatan WBP mulai kita jalankan kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan”, tutup Romiwin*Rilis Media
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lpaas Kelas IIB Tanjungpandan