Home / Bangka Belitung / Pemdes Simpang Rusa Canangkan kawasan Gunung Asan sebagai wisata Alam
IMG_20220325_121620 (1)

Pemdes Simpang Rusa Canangkan kawasan Gunung Asan sebagai wisata Alam

Bagikan :

MEMBALONG: Pemdes Simpang Rusa canangkan kawasan gunung asan, sebagai kawasan wisata terletak di Dusun Aik Merah, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Kades Simpang Rusa Ardi Yusuf sebut kawasan gunung asan saat memiliki belasan hektar.
Di kawasan tersebut kata Ardi, merupakan tempat pelestarian tumbuhan bulin yang kini sudah masuk barang atau tumbuhan langka.

“Saat ini di kawasan tersebut ada tumbuhan bulin baik ukuran kecil dan besar, serta tanaman lainnya,” katanya.

Menurut Ardi, untuk menuju kawasan ini ada jalan setapak sekitar satu kilometer yang bisa dilalui baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Hanya memang kedepan, perencana kedepan akan ditata sebagai kawasan wisata alam. Dan perlu dibangun pondok pondok kecil, dan lainnya sebagai pendukung wisata,”kata

Ardi menambahkan selain ada tanaman bulin yang merupakan tumbuhan alami nantinya akan ada tanaman liar yang buah dapat dimakan seperti kerumting, jemang, sisilan, berangan, kelisutan dan lain-lain.

“Penanaman tersebut di di areal pengunaan lain. Di areal masuk menuju kawasan tersebut ,” katanya.

Sebab itu, kata Ardi, pihak desa berharap dukungan dari banyak pihak terutama pemerintah kabupaten untuk mengembangkan wisata ini.
“Sempat tanaman bulin yang layak pakai disinso untuk dibuat papan. Mohon jangan sampai banyak kerusakan lagi Dan perlu diselamatkan kawasan gunung asan ini,” katanya.*