Home / Bangka Belitung / Penuhi SDM Fasih Membaca & Menghafal Al-Qur’an, PBMQ-BB Hadir di Belitung

Penuhi SDM Fasih Membaca & Menghafal Al-Qur’an, PBMQ-BB Hadir di Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Pondok Belajar & Menghafal Al-Qur’an Berkah Bersama (PBMQ-BB) kini eksis di tengah masyarakat untuk membangun syiar dakwah,
di Belitung.

PBMQ-BB ini berada dalam naungan Yayasan Berkah Bersama Ummat (YBBU) yang berada di Gang Sepakat, Jl. Gajahmada, Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“PBMQ-BB ini berdiri sejak 2020, dengan tujuan berkontribusi membentuk generasi Rabbani dan mengisi kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan baca dan menghafal Al-Qur’an yang baik, khususnya di Pulau Belitong,” Ketua YBBU
Roby Baroca

Sebelum PBMQ-BB terbentuk, kata Robi, pendiri juga telah ikut mengembangkan Rumah Qur’an Baitul Qur’an Kampong Damai dan membentuk Pondok Belajar & Menghafal al-Quran Afifatih Jl. Pemuda, Aik Rayak, sebagian team pendiri berawal dari Komunitas Berkah Bersama.

‌PBMQ-BB ini tanbahnya, berdiri secara mandiri dengan dukungan para donatur sukarela yang sebagian besar anggota keluarganya ikut sebagai peserta belajar.

Meskipun dengan konsep paguyuban tanpa iuran tetap, Pengurus PBMQ-BB kata Robi lagi, yakin bahwa kegiatan syiar yang dijalankan dengan istiqomah dan terus berusaha meningkatkan kapasitas.
“Proses belajar dan mengajar akan selalu mendatangkan pertolongan Allah untuk keberlangsungan operasional kegiatan,”ungkapnya.

‌Setiap muslim lanjutnya, memiliki kesadaran dan keinginan sama dalam kebutuhan spiritual dan dakwah.
“Ini adalah salah satu wadah ladang amal bagi kaum muslimin yang ikut berkontribusi, dan harapannya kegiatan ini selalu amanah dan berkembang lebih baik,” katanya.

Untuk diketahui, Saat ini peserta didik terdiri dari anak-anak, remaja dan ibu-ibu, total lebih dari 60 peserta belajar. Kegiatan dilaksanakan dengan pembatasan prokes dan ada juga secara daring. ‌Keterbatasan fasilitas dan pengajar merupakan tantangan yang terus kita upayakan.

“Semoga pulau Belitong memiliki para Hafidz/Hafidzah yang bisa memelihara al-Qur’an dan memberikan keberkahan,” katanya.*