Home / Bangka Belitung / PMI Lakukan Penyemprotan Desinfektan Di Lapas Tanjungpandan

PMI Lakukan Penyemprotan Desinfektan Di Lapas Tanjungpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH memimpin langsung jalannya penyemprotan Desinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung di dalam area Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, pada Kamis, (26/03).

Penyemprotan dilakukan oleh Petugas PMI untuk mencegah penyebaran virus COVID – 19 atau virus Corona. Sebelumnya pihak Lapas Kelas IIB Tanjungpandan mengirimkan surat permohonan penyemprotan kepada PMI Kabupaten sebagai tindak lanjut upaya pencegahan penyebaran virus corona di Lpaas Kelas IIB Tanjungpandan.


Kepada Media, Ketua PMI Kabupaten Belitung Drs. H. Erwandi A.Rani melalui Kepala Markas PMI Kabupaten Belitung, Bustam menjelaskan PMI telah melakukan penyemprotan desinfektan secara massal di sekolah, perkantoran dan rumah ibadah, dan kali ini di Lapas. Penyemprotan desinfektan tersebut aman bagi para penghuni lapas. Cairan yang disemprotkan merupakan Desinfektan Virkon S dengan takaran 1 Sendok Takar untuk campuran 2 liter air bersih. Dirinya menambahkan, pihaknya siap mendukung gerakan pencegahan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan siap bergerak kapan pun.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, walaupun Kabupaten Belitung masih negatif namun langkah pencegahan harus terus dilakukan, ujarnya.


Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH merespon positif kegiatan ini. Dia berharap Jajarannya dapat terus bersinergi baik melalui Pemerintah Daerah maupun Organisasi Sosial sebagai langkah awal pencegahan penyebaran Covid 19.

Saat ini Lapas Kelas IIB Tanjungpandan berpenghuni 213 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan rincian 162 Orang bersatus Narapidana dan 51 Orang bersatus Tahanan. Dengan jumlah ini tentu sangat rentan untuk penularan virus covied-19. Sehingga kami terus melakukan langkah – langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan dan membatasi aktivitas WBP diluar kamar hunian.

Hingga saat ini layanan kunjungan keluarga masih kami tutup, sebagai gantinya kami siapkan fasilitas layanan kunjungan melalui Video Call. Langkah tersebut sebagai antisipasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP. “Kami bersyukur, hingga saat ini Lapas Kelas IIB Tanjungpandan masih dalam keadaan aman dan kondusif,” katanya.*Rilis Media Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan