Home / Bangka Belitung / Ratusan Pedagang Pasar di Tanjung Pandan Disuntik Vaksin COVID-19
IMG-20210415-WA0110

Ratusan Pedagang Pasar di Tanjung Pandan Disuntik Vaksin COVID-19

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Sebanyak 400 pedagang pasar di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disuntik vaksin COVID-19 merek Sinovac.

Adapun kegiatan vaksinasi ini adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di kalangan pedagang pasar daerah itu.

“Sasarannya ada sebanyak 400 pedagang dari dua pasar yaitu pasar Tanjung Pandan dan pasar Hatta,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, kepada wartawan baru baru ini.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada 400 pedagang pasar di wilayah itu ditargetkan selesai selama tiga hari ke depan.

“Jadi dalam sehari ada sekitar 130 pedagang yang disuntik vaksin COVID-19,” ujarnya.

Joko menambahkan, vaksinasi COVID-19 terhadap pedagang pasar sangat penting dilakukan megingat pasar merupakan lokasi yang ramai dikunjungi orang serta sulit dalam mengendalikan protokol kesehatan.

“Kami ingin mencegah dan mengantisipasi munculnya klaster COVID-19 di pedagang,” katanya.

Dikatakan dia, setelah vaksinasi COVID-19 pedagang pasar selesai dilaksanakan maka dilanjutkan dengan sasaran lainnya yaitu takmir masjid seperti imam dan marbot.

“Mengingat ini di bulan suci Ramadhan intensitas ibadah tinggi jadi kami masih mendata para imam dan marbot yang akan disuntik vaksin COVID-19,” ujarnya.

Ia berharap dengan semakin banyaknya sasaran yang disuntik vaksin COVID-19 akan dapat membentuk kekebalan kelompok dalam mengantisipasi penularan COVID-19.

“Namun kami tetap mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol terutama masker karena masker ini sangat penting,” kata Joko. *