Home / Bangka Belitung / REBUTAN BIDADARI
1588957269727
Oleh : Didin El Mughniy

REBUTAN BIDADARI

Bagikan :

Tentu sangat jauh berbeda dengan sahabat lainnya yang memiliki keistimewaan dan keluasaan seperti.para khalifah, seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin bin Abi Thalib, dan lain sebagainya.

Tetapi sahabat nabi yang menjadi rebutan bidadari—dia adalah Julaibib—tubuhnya yang kerdil, nampak keikhlasannya ikut berjihad bersama Rasulullah. Hingga suatu ketika Rasulullah berkata ; bahwa tidak diantara kalian yang paling mulia kecuali orang¬≤ yang bertaqwa diantara kamu.

Julaibib adalah sosok anak muda.dalam sejarah Islam tidak banyak diungkap namanya, Julaibib pun tak pernah tahu kedua orangtuanya. Tapi sikap.politiknya—berjihad di jalan Allah—hingga membuat Rasulullah iri kepadanya.

Konsistensi dalam jihad bagi Julaibib adalah sudah menjadi jalan hidupnya. Rasulullah pernah bilang wahai Julaibib, hidupmu saja.dikagumi para sahabat termasuk denganku,…bagaimana dengan kematianmu?, tentu engkau menjadi rebutan bidadari disyurga.

Wahai Nabiullah kata Julaibib,…aku tak.pernah tahu siapa kedua orangtuaku, ketika aku di medan perang—kematianku adalah jiwaku, mungkin dengan cara ini aku bisa bertemu dengan orangtuaku diakhirat kelak ya Rasul.

Rasulullah, lalu memegang pundak Julaibib,…dan Julaibib membiarkan airmatanya jatuh dikedua belah pipinya. Seakan ia ingin selalu bersama dengan Rasulullah sepanjang masa.

Julaibib, telah memberi pelajaran bagi kita semua arti sebuah ketabahan dalam perjuangan, walau ia tak memiliki orangtua. Semoga kita dapat memetik hikmah didalamnya—untuk terus menghargai orangtua selama ia masih ada dalam hidup kita.***

# CatatanMalam
dari sejarah kita mengenal.