Home / Bangka Belitung / 169 Jemaah Calon Haji Belitung Gagal Berangkat

169 Jemaah Calon Haji Belitung Gagal Berangkat

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Secara nasional, tahun 2020 ini calon haji  (calhaj) dibatalkan keberangkatan, berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI nomor 494 tahun 2020. Keputusan ini dilakukan oleh pemerintah, akibat masih terjadinya pandemi Covid-19 ini di seluruh di dunia.

Imbasnya, seluruh daerah kabupaten, termasuk Kabupaten Belitung tak diberangkatkan karena harus mengikuti keputusan pemerintah.

Terhadap hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi, benarkan pemerintah membatalkan keberangkatan jemaah calon haji yang disampaikan melalui Keputusan Menteri Agama nomor 494 tahun 2020.

Di Belitung, sebanyak 169 jemaah calon haji (calhaj) dari Kementerian Agama Kabupaten Belitung gagal berangkat.
“Rinciannya 71 laki-laki dan 98 perempuan dan mereka sudah melunasi tahap satu dan kedua yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Masdar sebut keputusan tersebut harus dipahami bersama oleh semua jemaah calhaj di Belitung, karena ini pun hal sulit dilakukan oleh pemerintah, akibat masih terjadinya pandemi Covid-19 ini terjadi di dunia.

Masdar ajak semua pihak isthitoah (umat Islam yang mampu melaksanakan) menjaga keselamatan jiwa.

“Itu menjadi wajib, jadi itu sebagai dasar, di samping memang belum ada akses yang bisa masuk antara pemerintah kita ke pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Selanjutnya, meski dilakukan pembatalan keberangkatan ini, kata Masdar, jemaah calhaj 2020 ini tetap akan diberikan bimbingan manasik sambil menunggu keberangkatan.

Menurutnya calhaj 2020 ini selanjutnya akan menjadi prioritas keberangkatan pada 2021 mendatang.

“Pasti nanti akan diselesaikan yang di 2020 dulu untuk keberangkatan, mau tidak mau. Kecuali ada tambahan porsi jemaah haji dari pemerintah Arab Saudi, jadi akhirnya mundur,” tuturnya.*