SMPN 2 Damar Ikuti Sosialisasi Kepahlawanan Hanandjoedin

DAMAR : Puluhan siswa bersama sejumlah Guru SMP Negeri 2 Damar Beltim mengikuti sosialisasi sejarah perjuangan dan tindak kepahlawanan H. AS Hanandjoeddin di Ruang Kelas SMPN 2 Damar Desa Aik Kelik, Rabu, 31 Januari 201 lalu.

Pemaparan sejarah perjuangan Hanandjoeddin disampaikan oleh panitia sosialisasi yang diwakili oleh penulis buku Sang Elang, Haril M Andersen dan Syamsul Hairun, S.Pd, Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Belitung Timur. Para guru SMP Negeri 2 Damar yang mengikuti sosialisasi ini adalah Maman Ismail , S.Pd., Ardi Sabara, M. Pd. Mulyana, S.Pd., dan Ruwah Subekti, S.Pd.

Sedangkan para siswa peserta sosialisasi merupakan siswa pilihan perwakilan kelas 8 dan kelas 9 sekolah tersebut. Syamsul Hairun yang juga Kepala SMPN 2 Damar, menyampaikan bahwa sosialisasi sejarah perjuangan dan kepahlawanan Hanandjoeddin yang dilaksanakan oleh panitia merupakan bagian dari ikhtiar pengusulan Bapak H AS Hanandjoeddin menjadi pahlawan nasional. “Langkah sosialisasi ini tentunya untuk mengenalkan sejarah perjuangan pahlawan daerah kita Bapak Hanandjoeddin kepada masyarakat khususnya kalangan dunia pendidikan. Hal inipun sejalan dengan upaya meningkatkan pendidikan karakter bangsa, terutama menanamkan nilai nilai patriotisme kepada generasi muda, “tandas Syamsul Hairun.

Acara sosialisasi berlangsung dari mulai pukul 8.30 Wib hingga 11.00 Wib. Memasuki sesi tanya jawab, para siswa terlihat saling mengangkat tangan. Mereka sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan seputar topik sosialisasi. Diantara para siswa ada yang sudah membaca Buku Sang Elang, serangkai kisah perjuangan H. AS Hanandjoeddin di kancah revolusi kemerdekaan RI, sehingga cukup memahami sejarah tokoh pejuang yang kini diusulkan menjadi pahlawan nasional dari provinsi Babel ini. *Panitia Sosialisasi Kepahlawan Nasional / trawangnews.com