Home / Bangka Belitung / Stand Dinas Perikanan Belitung Tampilkan Produk Kalaju di Pameran Belitung Expo 2022
IMG_20220702_212605

Stand Dinas Perikanan Belitung Tampilkan Produk Kalaju di Pameran Belitung Expo 2022

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Stand Dinas Perikanan Kabupaten Belitung tampil di acara pameran Belitung Expo Tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 5 Juli 2022, yang bertempat di kawasan pantai Wisata tanjungpendam, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Pada pameran Belitung Expo Tahun 2022, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung tampilkan produk Kampung Nelayan Maju (Kalaju) Suak Gual.

Adapun produksi yang ditampilkan berupa Ecoprint dari dari Suak Gual Kecamatan Selat Nasik.

Stand dinas perikanan ini saat pembukaan acara pameran ini mendapatkan peninjauan dari Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos bersama sejumlah pejabat daerah.

IMG_20220702_213405

Tak hanya itu, Staf khusus MKP (Menteri Kelautan dan Perikanan) RI Ibu Siane Andriani dan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan KKP RI Ir. Yusdianti (penanggung jawab kegiatan usaha nelayan) juga ikut meninjau pameran Belitung Expo Tahun 2022.

Sementara itu, Kadin Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri SPI sampaikan bahwa pada event ini Dinas perikanan Kab.Belitung menampilkan Kampung Nelayan Maju ( Kalaju) desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik sebagai display utama materi pameran.

Menurut Firdaus Zamri, Kalaju adalah program dari KKP RI yang diluncurkan pada tahun 2021. Sampai saat ini terdapat 120 kalaju dan desa suak gual termasuk diantara 10 desa yang terbaik.

“Seluruh kegiatan dari pemerintah berjalan dengan baik di desa ini Mulai dari ice flack, bubu lipat, kapal Pengolahan hasil perikanan dan terakhir yang sensasional adalah produk ecoprint,” katanya.

Firdaus juga sampaikan walaupun baru 3 bulan namun produknya sudah menasional. Presiden RI jokowi, lanjutnya, memberikan apresiasi dengan membeli produk ini pada sebuah acara di wakatobi beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, penyuluh perikanan Ani Saputra yang juga menjadi seksi materi pameran dari stand dinas perikanan pada pameran Belitung Expo, 2022 menjelaskan bahwa produk kalaju seperti ecoprint dan olahan hasil perikanan seperti abon ikan, dan kerupuk serta kopi gual, jahe merah dan lain-lain.*