Home / Bangka Belitung / Sudah Masuk Tahun 2022, Dermaga Suak Kemang Belum Juga dibangun

Sudah Masuk Tahun 2022, Dermaga Suak Kemang Belum Juga dibangun

Bagikan :

SELATNASIK: Dermaga Suak Kemang yang berada di desa petaling dalam kondisi memprihatinkan dan hingga kini tidak bisa dilalui lagi untuk aktivitas nelayan melaut.

Hal ini diutarakan Arifin Nelayan Bagan yang beralamat
Jln.suak Kemang RT.04/RW.02 desa Petaling kepada media belum lama ini.

Menurut Arifin, sejak Senin 4 Oktober 2021 lalu kawasan ini tidak bisa lagi dilalui karena kondisi dermaga sangat memprihatinkan.
“Ade kerusakan di kiri kanan dermaga. Papan penyangga hancur,” katanya.

Arifin sebut saat ini sudah masuk tahun 2022 belum juga dibangun.
Padahal kata Arifin, gubernur babel dan tim rombongan dinas kelautan dan perikanan provinsi sempat mengecek kelapangan menyangkut kondisi dermaga suak kemang tersebut.
“Tapi kini belum ada realisasi,” katanya.

Memang saja, upaya usulan perehaban dermaga suak kemang tersebut pernah dilakukan misalnya, sejak 2016, lalu sudah diusulkan oleh nelayan ke desa, sampai masuk Musrenbang kecamatan. Namun hingga kini tak kunjung dibangun.
Bahkan sudah sempat dikunjungi dinas perikanan provinsi Babel, serta instansi terkait lainnya.

Belakangan juga, Jumat, 14 Februari 2020, lalu DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Provinsi Babel (Bangka Belitung) lakukan pengecekan terhadap jembatan tambat labuh nelayan di Dusun Suak Kemang, Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.
Rombongan pengecekan tersebut dipimpin Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung Dasminto, S.PI, MSi, yang didampingi sekretarisnya beserta staf Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung.
Bahkan juga  gubernur Babel didampingi Bupati Belitung Sahani Saleh serta Camat Selat Nasik, pada Jumat (14/2/2020), dengan
menggunakan Helicopter milik Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel), Gubernur Babel, Erzaldi Rosman memantau melalui udara sejumlah proses pembangunan di Pulau Selat Nasik, Kabupaten Belitung
Di atas ketinggian Gubernur Babel melihat kondisi pembangunan Tambat Labuh Nelayan di Suak Kemang, disamping melihat Kawasan Prioritas Pedesaan Nasional (KPPN) Pelabuhan Tanjung Nyato, Pelabuhan Pos Terpadu Tanjung Kucing serta rencana pembangunan cold storage.
Sebab itu, Arifin berharap tahun ini dermaga Suak kemang bisa dibangun oleh pihak pemerintah provinsi Babel atau pihak pemerintah daerah.
“Kemana lagi kami berharap kalau pemerintah tidak bisa menindaklanjuti pembangunan dermaga Suak kemang dan jangan hanya memberikan angin surga saja kepada masyarakat,” katanya.*