Home / Bangka Belitung / Usai Bertugas, Paskibraka Nasional Utusan Babel Kembali ke Belitung
IMG-20210822-WA0105

Usai Bertugas, Paskibraka Nasional Utusan Babel Kembali ke Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Via Tiara Ningrum, Paskibraka Nasional Utusan Provinsi Kepulaun Babel (Bangka Belitung) kembali ke kampung halamannya di Tanjungpandan, Belitung  setelah melaksanakan tugas pada peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 76 di Istana Negara.

Kedatangan Via di Bandara H.AS Hanandjoedin disambut dengan pengalungan Selendang Songket dan Plakat Cindera mata oleh Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kabupaten Belitung didampingi oleh Kabid Layanan Kepemudaan dan Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama di RM Panglima bersama Kepala Sekolah SMK Yaperbel II Tanjungpandan dan Orang tua.

Kegiatan makan siang diisi dengan silaturahmi dan cerita pengalaman Via selama menjalani Pemusatan Latihan di Cibubur sebagai Calon Paskibraka Nasional.

Via juga menceritakan dirinya bersama rekan Paskibraka Nasional mendapatkan banyak Cindera Mata diantaranya dari Ibu Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI, dan dari Kaskogartap Garnisun.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Bupati Belitung. Dalam kunjungan tersebut Gubernur Babel didampingi Kapolda Babel, Danrem 045 Gaya, Danlanud H.AS Hanandjoedin, Bupati Belitung dan Bupati Belitung Timur berfoto bersama Via dan Kedua Orang Tuanya.

Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kabuaten Belitung Drs. Soebagio bersama Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung Yovie Agustian Putra menjemput kedatangan Via Tiara Ningrum, Paskibraka Nasional Utusan Provinsi Kepulaun Bangka Belitung di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan

 

Kepada Media Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kabuaten Belitung Drs. Soebagio merasa sangat bangga, atas prestasi yang dicapai oleh Via. Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, bisa sampai bertugas sebagai Paskibraka Nasional itu sangat tidak mudah. Selain melalui tahapan seleksi, peserta juga harus dinyatakan Negatif Covid – 19 melalui Test PCR. Alhamdulillah, atas izin Allah Adinda kita Via bisa melaksanakan Pemusatan latihan di Cibubur dan akhirnya bertugas sebagai Tim Penurunan Duplikat Bendera Pusaka di Istana Negara, Ujar Kadispora

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung Yovie Agustian Putra menjelaskan Via dapat dijadikan Role Model kedepannya untuk generasi muda khususnya di Belitung.

Sebelum diberangkatkan ke Provinsi, mereka telah menjalani pemusatan latihan di Tingkat Kabupaten, bahkan setelah dinyatakan lolos pun mereka tetap berlatih memperbaiki kekurangan agar lebih matang ketika bergabung dalam pemusatan Latihan di Tingkat Provinsi maupun Nasional. Latihan kita laksanakan di GOR Tanjungpandan pada pagi hari dan Stadion Pangkallang pada sore hari untuk latihan fisik. Meskipun ditengah pandemi, tidak ada alasan bagi mereka untuk menunda prestasi, ujar Yovie
Seraya menambahkakan saat ini 38 Paskibraka Kabupaten Belitung telah kembali dari tugasnya, 32 Orang Paskibraka di Tingkat Kabupaten Belitung, 5 Orang sebagai Paskibraka di tingkat Provinsi Babel dan 1 Orang Paskibraka di Tingkat Nasional.

Selanjutnya mereka akan menjalankan tugas sebagai Duta Pancasila sebagaimana yang diarahkan oleh BPIP. Kami (PPI Belitung) bersama Dispora terus terus melakukan Pembinaan dan memantau kegiatan mereka dalam satu tahun ini. “Sebagai Duta Pancasila Ini gak main – main tugasnya, jadi saya harap mereka bisa menjaga diri, menjaga pergaulan dan menjadi contoh yang baik khususnya bagi rekan – rekan mereka”harap yovie.*