Home / Sejarah / Zaman Depati Cakraningrat IV, Agama Islam di Belitung Tersebar Luas

Zaman Depati Cakraningrat IV, Agama Islam di Belitung Tersebar Luas

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Penyebaran agama Islam di pulau Belitung rupanya tidak hanya disebarkan oleh para ulama dari berbagai daerah nusantara termasuk negara lainnya. Namun, juga tak terlepas dari keberadaan para raja yang sempat berkuasa di pulau Belitung. Mereka juga ikut andil dalam melakukan penyebaran terhadap agama Islam.

Buku perjuangan rakyat Belitung tahun 1924-1950 mengungkapkan salah satunya penyebaran agama Islam mulai digelar ketika dimasa pemerintahan Kiai Agus Bustam. Kiai Agus Bustam ini kemudian bergelar Depati Cakraningrat IV. Pada masa kepemimpinan Depati Cakraningrat ke IV inilah di pulau Belitung mulai tersebar agama Islam di berbagai pelosok desa-desa. Yang mana, pada itu diwilayah kekuasan raja ketika berkuasa dengan rata-rata penduduk memeluk agama Islam.

Seperti diketahui, Depati Cakraningrat IV ini merupakan bagian dari keturunan raja Balok. Sementara itu, kerajaan Balok dengan raja yang pertama adalah dari keturunan Bangsawan Jawa, yakni dari kerajaan Mataram Islam di Jawa. Adapun rajanya Kiai Agus Masud atau Kiai Agus Gedeh Ja’kub yang kemudian bergelar Depati Cakraningrat I. Foto Credit : Wahdah *trawangnews.com