Home / Sejarah / Kerajaan yang Pernah Ada di Pulau Belitong

Kerajaan yang Pernah Ada di Pulau Belitong

Bagikan :

Di zaman dahulu kala, pulau Belitong sempat ditemukan keberadaan sebuah kerajaan yang sempat berkuasa di pulau Belitong. Ada sekitar beberapa kerajaan yang berkuasa tempo dulu.

Berdasarkan buku perjuangan rakyat Belitung antara 1924-1950, terdapat empat kerajaan yang ada di Belitung. Pertama, Kerajaan Badau. Kerajaan ini lahir abad ke 15 di Pulau Belitong. Kerajaan ini dengan raja yang pertama adalah Datuk Mayang Gersik.

Kedua, adalah kerajaan Balok. Raja yang pertama adalah berasal dari keturunan bangsawan jawa dari Kerajaan Mataram Islam, yakni, Kiai Agus Masud atau Kiai Agus Gedeh Ja’kub yang kemudian bergelar Depati Cakraningrat I. Beliau ini memerintah pada tahun 1618 hingga 1661.

Kerajaan ketiga adalah Kerajaan Belantu.Kerajaan ini merupakan dari bagian ngabehi kerajaan Balok. Raja pertamanya adalah Datuk Achmad (1705) yang bergelar Datuk Mempawah.

Selanjutnya kerajaan keempat, adalah kerajaan Buding. Kerajaan Buding ini merupakan bagian dari wilayah kerajaan Balok. Raja yang pertama adalah Datuk Kemiring Wali Raib. *trawangnews.com