Home / Bangka Belitung / 21 Nopember Tepatnya Hari Jadi Provinsi Bangka Belitung, Ini Pesan dan Harapan dari Lembaga Adat Melayu Belitung
IMG_20221116_184913

21 Nopember Tepatnya Hari Jadi Provinsi Bangka Belitung, Ini Pesan dan Harapan dari Lembaga Adat Melayu Belitung

Bagikan :

PANGKALPINANG: Tanggal 21 Nopember 2022, tepatnya hari jadi terbentuknya provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang ke 22.

Atas terbentuknya Provinsi Bangka Belitung LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) mengucapkan Selamat HUT provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke 22.

Sebagaimana telah sama sama kita ketahui bahwa perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini telah dimulai sejak tahun 1956.
Merupakan proses yang panjang dan penuh pengorbanan. Alhamdulillah berkat Rachmat Allah SWT serta Semangat yang gigih. Kekompakan serta Kebersamaan untuk melepaskan diri dari Provinsi Sumatra Selatan akhir terlaksana dengan Undang–Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Di usia yang ke 22 ini LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) yang Ketuanya Drs. H. Abdul Hadi Adjin menyampaikan saran/ Harapan sbb.

a. Para Presidium Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap kompak bersatu untuk menjaga “Marwah Cita cita” Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung UU no. 27 thn 2003 Tentang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
b. Perjuangkan Tentang Pembentukan Undang-Undang Kabupaten/Kota sebagai Kabupaten Kepulauan dan Pesisir sesuai dengan kakteristik khas daerah darat laut dan pulau pulau baik pulau yang berpenduduk dan yang tidak berpenduduk Sehingga perhitungan luas wilayahnya meliputi luas wilayah laut dan Pulau pulau termasuk perhitungan sarana dan prasarana Pembangunan

c. Perjuangkan terbentuknya Peraturan Pemerintah Tentang Kompensasi Finansial untuk pembiayaan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan akibat Tambang Timah. Pertimbangan lainnya adalah Bangka Belitung sejak dulu telah memberikan devisa Negara terbesar kepada NKRI

d. Perlu dibentuk Badan Komunikasi / Kolaborasi Pembangunan Tingkat Provinsi maupun Tingkat Kabupaten/Kota Yang anggotanya terdiri personil DPR RI, DPRD, Eksekutif dan Tokoh Masyarakat serta Forkopimda.

Untuk diketahui, Ketua LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) Drs. H. Abdul Hadi Adjin salah satu penyusun buku proposal Perjuangan Pembentukan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama alm Bpk Drs H. Abu Hanifah dan alm. Bpk Drs H Zulkarnaen Karim MSi)