Home / Bangka Belitung / 30 Orang Ikuti Pelatihan Penggunaan Fish Finder

30 Orang Ikuti Pelatihan Penggunaan Fish Finder

Bagikan :

SELATNASIK: Sebanyak 30 orang peserta ikuti pelatihan penggunaan fish finder dari kelompok nelayan yang tergabung dalam kub (Kelompok Usaha Bersama), bertempat di kantor desa Selat Nasik, kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, baru baru ini.

Dari 30 Peserta Kub yang mengikuti acara pelatihan tersebut terdiri dari dua desa, yakni dari Desa selat Nasik dan desa Petaling kecamatan selat nasik.

Kegiatan pelatihan ditargetkan agar nelayan praktek langsung bagaimana cara pengoperasian Fish Finder sehingga paham dan mengerti penggunanya.

Adapun yang mengadakan acara pelatihan penggunaan fishfinder adalah dinas perikanan kabupaten Belitung yang bekerjasama dengan PT.Sinar Eka selaras (Erajaya group) selaku distributor ekslusif produk Garmin dalam upaya mendukung program pemerintah “nelayan berdaulat pada bidang teknologi penangkapan ikan.

Acara kegiatan pelatihan ini dihadiri kepala dinas perikanan kabupaten Belitung yang diwakili Kohiri Mustofa,S.kel , kepala desa selat Nasik, Pihak Garmin dan Penyuluh perikanan Ani Saputra sebagai fasilitator dan moderator acara pelatihan penggunaan fish finder.

Pada acara itu, Kepala Desa Selat Nasik berterima kasih kepala dinas perikanan kabupaten Belitung yang telah mengadakan acara pelatihan penggunaan fishfinder desa selat Nasik supaya nelayan desa selat Nasik dan desa Petaling sehingga nelayan bisa memahami cara penggunaan fishfinder dan selama ini nelayan tidak paham dalam penggunaan fishfinder.

Sedangkan kepala dinas perikanan kabupaten Belitung yang diwakili Kohiri Mustofa,S.kel memberikan arahan dengan nelayan tersebut calon penerima bantuan fishfinder harus tahu cara penggunaan fish finder”.

Adapun fish finder adalah alat bantu penangkapan yang menggunakan prinsip pantulan gelombang suara yang dipancarkan oleh kapal, kemudian setelah menyentuh dasar laut, pulsa gelombang itu dipantulkan kembali ke kapal, sehingga nelayan dapat membaca kedalaman laut di layar “fish finder”.

Frekuensi yang digunakan lebih tinggi sehingga dapat mendeteksi keberadaan ikan di perairan, sehingga penggunaan alat bantu penangkapan ini akan mempercepat nelayan untuk menangkap ikan.

Sementara itu, dari pihak pihak Garmin, Bapak Khoir yang memberikan materi sosialisasi penggunaan alat navigasi dan fishfinder untuk nelayan.*