Home / Bangka Belitung / Anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan
IMG_20220814_040542

Anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Anggota DPD RI dan MPR RI Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) periode 2019-2024, Ir. H. Darmansyah Husein lakukan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Proovinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Agustus 2022.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan ini dihadiri staf Ahli Anggota DPD RI, Ir. Thony Halomoan, Kepala Kantor Setjen DPD RI Kepulauan Bangka Belitung Andarta Ferryadi ST. MT, dan staf DPD RI Noviarto, M. Zaldi, Nusi, Jasri.

Hadir juga acara sosialisasi ini Sekretaris Yaperbel 17 Drs. Huniadi Belia, Badan Pengawasan Yaperbel Drs. Asri Rachman, Kepala SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan Samad, S.M., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Nuzlagadanta S.Sos, Wakil Kepala Sekolah Bidang kurikulum Hamdan Dencik BSc, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Rudi Irawan S.Pd, Ketua Osis SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan, Yuwanda Muhamad, para guru dan siswa-siswi SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan.

IMG_20220814_041040

Pada acara sosialisasi ini sebagai moderator Suci Haryati SPd dengan narasumber anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein, dan Samad S.M kepala sekolah SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan yang juga anggota DPRD Belitung 2009-2014.

Acara kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh moderator dilanjutkan sambutan kepala sekolah SMK Yaperbel Samad, S.M, kata pengantar dari kepala kantor Setjen DPD RI Kepulauan Bangka Belitung Andarta Ferryadi ST. MT, dilanjutkan pemaparan anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein.

Anggota DPD RI Ir. Darmansyah Husein menyampaikan pentingnya pemahaman dan penguatan 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada seluruh pelajar siswa-siswi SMK Yaperbel.

Dihadapan para siswa-siswi dan guru, Darmansyah pun merinci penjelasan ke empat pilar kebangsaan berupa materi secara satu persatu dari mulai Pancasila, UUD 1945, NKRI, hingga Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Tokoh Pembangunan Belitung ini, ke empat pilar kebangsaan memiliki identitas nasional sebagai kekayaan tak ternilai dan merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Darmansyah yang juga pernah menjabat Bupati Belitung dua periode ini menyebutkan bahwa empat pilar kebangsaan tersebut merupakan pondasi utama dalam menentukan kokohnya suatu negara. Dan dengan kokohnya suatu negara lanjut Darmansyah, tentunya menjaga Indonesia tetap utuh dan satu kesatuan dalam bingkai NKRI (negara kesatuan Republik Indonesia).

Sebab itu, katanya, empat pilar kebangsaan ini sebagai nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan. Sehingga bisa mewujudkan Indonesia menjadi bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat..

Sementara itu, kepala Sekolah SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan Samad S.M yang menjadi narasumber juga menyampaikan terkait dengan penerapan akan pemahaman dari empat pilar kebangsaan ini yang diharapkan agat siswa-siswi dapat memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk menghadapi tantangan arus globalisasi saat ini.

IMG_20220814_040813

Sebagai bentuk implementasinya dan penerapannya, Samad berharap agar siswa-siswi bisa menghormati perbedaan-perbedaan dan jangan suka mencaci maki (membuly) antar sesama dan kedepankan nilai-nilai etika, beradab, sopan santun serta nilai kebersamaan serta tanamkan jiwa gotong royong dan bermufakat.

Dan diakhir acara sosialisasi empat pilar kebangsaan ini dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta dan plakat kepada SMK Yaperbel 2 Tanjungpandan.*