Home / Bangka Belitung / Bangun Kebersaman, LAMBEL Silaturahmi ke LAM Kec. Membalong

Bangun Kebersaman, LAMBEL Silaturahmi ke LAM Kec. Membalong

Bagikan :

MEMBALONG: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitong) gelar pertemuan silatuhrahmi dengan pengurus LAM Kecamatan Membalong Ardi Yusuf, pada hari Jumat, 29 Oktober 2021, yang bertempat di Kantor Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Acara kegiatan silatuhrahmi ini dihadiri Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin, Achmad Hamzah, Ismail Mihad, Karseno. Dan LAM Kecamatan dihadiri Ketuanya Ardi Yusuf dan pengurus lainnya.

Sekretaris LAMBEL Ismail Mihad sampaikan pertemuan ini merupakan silatuhrahmi terhadap berbagai agenda program kerja di berbagai wilayah desa di Belitung termasuklah silatuhrahmi di wilayah LAM di kecamatan Membalong.

Sementara itu Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin sampaikan pertemuan dengan LAMBEL dan LAM Kecamatan untuk menyatukan visi dan misi kelembagaan adat sampai ke tingkat desa.

“Bagaimana program LAM Desa seperti pilot proyek wisata di simpang rusa yang siap dikembangkan dan kawasan lainnya di desa di Kecamatan Membalong,” katanya.

Hadi sebut juga pertemuan ini juga mempertegas kenirja Lembaga adat Melayu yang telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk pemberdayaan adat, budaya, pelestarian Kabupaten Belitung.

“Saat rapat optimalisasi peran lembaga adat, pemkab berharap agar terus diperkuat kelembagaan adat sampai ke tingkat desa,” katanya.

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah ini kata Hadi, diharapkan LAM Kecamatan dan Ketua LAM Desa se Kab Belitong khususnya Kecamatan Membalong pro aktif berkomunikasi dengan Pak Kadesnya masing-masing untuk mensinergikan program kegiatan Lambel di desanya agar dapat dimasukkan dalam APBDes serta dalam perencanaan dan pelaksanaan nya berkomunikasi juga dengan Dukun Adat Kampong serta Tomas (tokoh masyarakat) setempat.*