Home / Bangka Belitung / Berkat BP3 Medan, KWNIEK Suak Gual telah Praktekkan Pembuatan Bakso Ikan

Berkat BP3 Medan, KWNIEK Suak Gual telah Praktekkan Pembuatan Bakso Ikan

Bagikan :

SELATNASIK: KWNIEK (Kelompok Wanita Nelayan Ikan Ekor Kuning) Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung telah melakukan aktivitas pembuatan bakso ikan. Adapun rata-rata produksi perbulan sekitar 30 kilogram yang kini produksinya sudah dipasarkan di tingkat lokal.

Kelompok Nelayan Ikan Ekor Kuning Nurani akui bahwa aktivitas pembuatan bakso ikan ini merupakan berkat dukungan yang sebelumnya dari BP3 (Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan) Medan yang telah berikan pelatihan pembuatan bakso ikan pada program kampung nelayan maju desa suak gual.

“Usai pelatihan, langsung kami terapkan dan jalankan. Dan kini kita sudah produksi dan dipasarkan di tingkat lokal,” kata Ibu Nuraini yang beralamat di jalan Gual, Kecamatan Selat Nasik.

Ia juga berterima kasih kepada BP3 Medan yang telah berikan pelatihan dan berharap adanya pelatihan kembali pada program kampung nelayan maju.
“Terima kasih kepada Ibu Natalia S.ST.PI, M.PI kepala BP3 Medan yang telah berikan pelatihan, semoga datang lagi ke Belitung, berikan pelatihan lagi bagi-bagi ibu nelayan, misalnya pembuatan nugget ikan dan pembuatan kemasan,” katanya.

Selain itu, Ibu Nuraini berterima kasih kepada penyuluh perikanan Ani Saputra SPi yang telah mengawal dan mendampingi kepada Kelompok Nelayan Ikan Ekor Kuning dalam berbagai hal dan penyuluhan ke kelompok kami.

Memang saja, Kelompok Nelayan Ikan Ekor Kuning selain produksi bakso ikan juga lakukan produksi abon ikan, kerupuk ikan. Hasilnya sudah dipasarkan di tingat lokal.*