Home / Bangka Belitung / Di Desa Pegantungan, Sosialisasi Pemberian Obat Pencegahan Kaki Gajah
IMG_20221010_133643

Di Desa Pegantungan, Sosialisasi Pemberian Obat Pencegahan Kaki Gajah

Bagikan :

BADAU: Sosialisasi pemberian obat pencegahan kaki gajah digelar di Desa Pegantungan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung, Senin (10/10/2022).
Kepala Desa (Kades) Pegantungan, Ahid mengajak warga untuk mendukung program pemerintah terhadap pencegahan penyakit kaki gajah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Puskesmas Badau yang sudah melakukan sosialisasi mengenai pencegahan terhadap penyakit kaki gajah, sehingga masyarakat terhindar dari penyakit tersebut,” ungkap Kades Ahid.

Petugas Puskes Badau, Zuryati sampaikan bahwa pengobatan ini dinilai sangat aman, namun terkadang muncul reaksi pasca pengobatan seperti sakit kepala, demam, mual/muntah, atau mudah mengantuk, yang berlangsung selama tiga hari dan dapat sembuh tanpa diobati.

Untuk itu pihak Puskes Badau mengunjungi masyarakat mulai dari usia 2 – 70 tahun yang tinggal di endemis penyakit kaki gajah.

IMG-20221010-WA0069

“Kami datang ke masyarakat untuk mengingatkan agar minum obat pencegahan penyakit kaki gajah, pada khususnya warga yang masuk dalam program pemberian obat pencegahan massal (POPM) filariasis sebanyak 1 dosis setiap 5 tahun berturut – turut,” ujarnya.

Namun bila ada keluhan lain yang terjadi, segara hubungi tenaga kesehatan di Puskesmas Badau atau Puskesmas terdekat, agar petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan baik.
Oktober adalah Program BELKAGA dari Kemenkes

Program ini berlangsung pada daerah-daerah di seluruh Indonesia yang menjadi daerah endemik kaki gajah untuk serentak mengonsumsi obat pencegahan penyakit kaki gajah melalui pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak bulan Oktober 2015 dalam program BELKAGA (Bulan Eliminasi Kaki Gajah) untuk masyarakat Indonesia.

Ia berharap agar Pemdes Pegantungan dan masyarakat dapat bekerjasama dengan baik, sehingga proses pelaksanaan kegiatan pembagian obat kaki gajah dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. “Sebab ini program pemerintah, kita harus sukseskan bersama-sama, kita harus saling kerja sama,” tambahnya.

Peserta yang hadir pada acara sosialisasi itu yakni, Petugas kesehatan Puskesmas Badau diantaranya; Fauziah, Desi, IIfa dan beberapa petugas kesehatan lainnya, Kades Pegantungan Ahid beserta perangkat Desa, Petugas dari Kecamatan Badau dan masyarakat setempat. *TIM