Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Belitung Giat Lakukan Pembinaan Usaha Budidaya Ikan di Perairan Sebangkok

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan tidak hanya 1 komoditas budidaya ikan laut saja tetapi menambah komoditas baru dibudidaya laut seperti ikan bawal, nila selain udang dan cumi-cumi untuk budidaya perikanan laut

SELATNASIK:TRAWANGNEWS.COM:  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus aktif dalam mendukung pengembangan usaha perikanan budidaya.

Melalui Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan, Dr. Arief Febrianto, S.Pi, M.Si, baru-baru ini melakukan pembinaan ke usaha budidaya ikan di Perairan Sebangkok, Desa Petaling. Usaha budidaya ikan tersebut merupakan milik Koperasi Produsen Karang Petaling.

Dalam pembinaannya, Dr. Arief Febrianto didampingi oleh Penyuluh Perikanan Kecamatan Selat Nasik, Ani Saputra SPI. Yang secara langsung mengamati perkembangan usaha budidaya ikan laut, termasuk lakukan pembinaan ke usaha keramba jaring apung.

Diskusi langsung dilakukan antara Dr. Arief Febrianto dan anggota koperasi, termasuk Ramli, untuk mengembangkan tidak hanya 1 komoditas usaha budidaya saja, namun dapat mengembangkan komoditas baru yang memiliki prospek pasar lokal/domestik.

IMG 20231208 202609
pembinaan ke usaha budidaya ikan di Perairan Sebangkok, Desa Petaling. Usaha budidaya ikan tersebut merupakan milik Koperasi Produsen Karang Petaling.

Selain itu juga mendorong adanya komoditas baru dengan akses pasar baru. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan dan mendorong pendapatan Koperasi Produsen Karang Petaling dari usaha yang sebelumnya sudah berjalan.

“Upaya pengembangan kedepan yang menjadi tantangan baru bagi pengembangan usaha perikanan budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan tidak hanya 1 komoditas budidaya ikan laut saja tetapi menambah komoditas baru dibudidaya laut seperti ikan bawal, nila selain udang dan cumi-cumi untuk budidaya perikanan laut. Selain itu, upaya dinas kelautan dan perikanan yaitu memperbaiki tata Niaga perikanan melalui akses pemasarannya,” kata Arief

Anggota Koperasi Karang Petaling Ramli menyampaikan terima kasih atas pembinaan dan perhatian dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mendukung usaha perikanan budidaya ini.

Semoga upaya ini terus berkembang dan memberikan manfaat bagi pengembangan usaha pembudidaya ikan*