Home / Bangka Belitung / Gemawira Wilayah Pulau Belitung Talkshow Kewirausahaan & Bazar UMKM Jelang G20 & Event Berkelanjutan di Belitong
IMG_20220826_201322

Gemawira Wilayah Pulau Belitung Talkshow Kewirausahaan & Bazar UMKM Jelang G20 & Event Berkelanjutan di Belitong

Bagikan :

MANGGAR: Komunitas pelaku UMKM dari Gerakan Masyarakat Wirausaha Pulau Belitung melaksanakan kegiatan Talkshow Kewirausahaan dan Bazar UMKM, yang Bertempat di Auditorium Zahari MZ, Manggar Kabupaten Beltim.

Acara kegiatan Talkshow Kewirausahaan dan Bazar UMKM ini adalah dalam rangka lebih meningkatkan produktivitas dan keilmuan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

IMG_20220826_202001

Adapun Giat Talkshow yang dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Belitung Timur Sayono, S.AP ini dengan menghadirkan Narasumber dari Pihak pemkab Belitung Timur langsung oleh Kepala OPD terkait yang membidangi UMKM Gustaf Pilandra, S.AP, dari perbankan Al Yoppie Kusuma Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Manggar, Ketua AMPI Belitung Timur Gunawan yang juga wirausahawan serta Owner Kupi Mamak yang juga wirausahawan muda Belitung Arif Qurniawan.

Kepala OPD terkait yang membidangi UMKM Gustaf Pilandra, S.AP, menyampaikan bahwa Pemerintah daerah khususnya OPD teknis terkait tak henti-hentinya mendukung UMKM dalam hal ini seperti menghimbau para pelaku UMKM untuk mencukupi syarat administrasi dalam sebuah manajemen pengembangan usaha yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertifikasi Halal, Izin Edar BPOM dan PIRT.
” Produk usaha di Belitung Timur cenderung mahal dikalangan pembeli lokal sehingga memang kendala dipemasarannya karena faktor daya beli masyarakat. Tentu hal ini mengandalkan hanya wisatawan dalam negeri dan luar negeri yang berkunjung membeli produk UMKM ini untuk cinderamata dan segala macam,” katanya.

Yopie dari BSB Manggar menyampaikan dukungan perbankan dalam membantu pelaku usaha UMKM dengan memberikan pinjaman lunak untuk pengembangan usaha mereka meskipun terkadang banyak kendala dilapangan seperti usaha yang belum berjalan tapi untuk angsuran pinjaman tetap lancar sedangkan untuk yang lancar usahanya tapi macet dalam pembayaran angsuran sehingga ini juga membuat pihak perbankan menetapkan standar tertentu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan pinjaman KUR dari BSB karena banyak pelaku UMKM ini memiliki karakter yang berbeda.

Selain itu Yoppie juga berharap pihak Pemerintah daerah lebih fokus pada UMKM dalam hal administrasi dan pengembangan usaha sehingga ini menjadi database bagi kami untuk melihat potensi UMKM yang akan kami berikan bantuan secara kemitraan dan juga langsung karena memang membantu proses transaksi perbankan melalui QRIS BSB.

Lanjut Gunawan selaku Ketua AMPI Beltim mengatakan dari pelaku UMKM ini masih terkendala bahan baku kurangnya market sehingga tidak bisa serta merta dalam memasarkan produknya baik di lokal Belitung maupun di luar. Hal ini kita mendorong pemerintah untuk lebih perhatian dan terus menerus membantu UMKM dalam hal pengetahuan kewirausahaan seperti Talkshow dan banyak melaksanakan Bazar UMKM sehingga nantinya produk-produk UMKM ini dengan sendirinya banyak dikenal orang sehingga orang akan mencari informasi untuk membeli.

Arif Qurniawan berbicara dalam konteks pelaku UMKM sendiri yang terjun berusaha dengan membuka cafe dan ini tidak cukup. Kita juga harus mengembangkan usaha dengan pengetahuan kewirausahaan serta gunakan media sosial dalam membranding produk dan juga memasarkannya.

Terakhir Bambang Suherly Sekretaris Gemawira Beltim mengatakan giat Talkshow Kewirausahaan ini guna berkolaborasi dan membantu pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM untuk lebih paham tentang strategi pemasaran dan juga semangat berwirausaha dengan menghadirkan Narasumber dari berbagi kalangan tentunya ini sayang kalau tidak dimanfaatkan.

IMG_20220826_201816

Seperti dimaklumi, Awalnya salah satu narasumber dari Jakarta seorang Entrepreneur dan sukses dalam menjalankan sebuah perusahaan bermula dari berwirausaha dari nol tapi sayang berhalangan hadir Gusti Amri yang merupakan mentor bagi UMKM dan juga Founder UMKM Kampar Harapan yang selalu intens memberikan motivasi dan trik dalam berwirausaha bagi pelaku usaha di media sosialnya dan menyampaikan pesan bagi pelaku UMKM di Belitung dan Beltim Statement dari Gusti Amri. Begini pesannya.
“Jika kita baru mulai berbisnis (startup) bertahan ditahun pertama adalah prestasi yang luar biasa.
Saya ingat, dulu Mentor Bisnis saya biasa tidur di kantor hampir setiap hari dalam seminggu, bagi saya dulu itu aneh.
Tapi ketika saya mulai berbisnis baru saya faham.
Hormat saya utk Pelaku UMKM di Pulau Belitong. Dia berpesan
Kebanyakan teman-teman UMKM cenderung Generalis, jarang yang ahli dalam subjek-subjek tertentu.
Dalam pengamatan saya, pengetahuan inti yang perlu dimiliki setiap pengusaha UMKM, Kemampuan Belajar secara Mandiri,
Kemampuan mengobservasi, Menggunakan logika umum agar bisa menelisik pasar, Kemampuan menyelesaikan masalah, Keahlian bekerja keras dan terakhir kuncinya Kesabaran.
Diatas semua itu, kesabaran adalah kuncinya bagi pelaku UMKM itu sendiri.*