Jelang Akhir Tahun, Ratusan Masyarakat Padati Loket Kunjungan Lapas Tanjungpandan

Anggota khusus ditempatkan untuk pemantauan melalui CCTV, dan penerapan SOP kunjungan tetap berlaku, termasuk pendaftaran dan membawa kartu identitas. Stempel tangan dan Kartu Identitas Pengunjung diberikan untuk membedakan pengunjung dan warga binaan, menghindari situasi yang tidak diinginkan.

TANJUNGPANDAN:TRAWANGNEWS.COM; Atmosfer haru dan kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menjelang akhir tahun 2023. Terpantau pada Kamis (28/12), ratusan masyarakat memadati loket pendaftaran kunjungan keluarga, menunjukkan antusiasme tinggi untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga yang sedang mendekam di balik jeruji besi.

Kalapas Kelas IB Tanjungpandan, Gowim, menjelaskan bahwa deteksi dini gangguan keamanan telah ditingkatkan melalui pengawasan langsung dan pemantauan CCTV di titik-titik rawan. Kunjungan hari ini dibuka secara khusus di hari terakhir jadwal kunjungan tahun 2023, dan antisipasi lonjakan pengunjung telah menjadi fokus Tim Layanan Kunjungan.

“Jadwal kunjungan kita buka secara luas untuk seluruh warga binaan, termasuk tahanan, mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB,” ujar Gowim.

Ia menekankan pentingnya pelayanan yang humanis dan sesuai dengan SOP, sambil memastikan pengamatan dan pengawasan terhadap pengunjung dan barang yang masuk.

Sementara itu, Kepala KPLP Muhammad Jawad Cirry menjelaskan langkah-langkah peningkatan keamanan selama jam kunjungan. Anggota khusus ditempatkan untuk pemantauan melalui CCTV, dan penerapan SOP kunjungan tetap berlaku, termasuk pendaftaran dan membawa kartu identitas. Stempel tangan dan Kartu Identitas Pengunjung diberikan untuk membedakan pengunjung dan warga binaan, menghindari situasi yang tidak diinginkan.

“Hari ini merupakan puncak lonjakan kunjungan sejak Natal, dan antisipasi kita dengan langkah-langkah deteksi dini telah berjalan kondusif,” jelas Jawad. Suasana hangat dan pengawasan ketat menciptakan momen kunjungan akhir tahun yang aman dan bermakna bagi keluarga dan warga binaan Lapas Tanjungpandan.*