Home / Bangka Belitung / Kadivpas Kanwil Kemenkumham Babel Kunjungi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Babel Kunjungi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementrian Hukum & HAM Bangka Belitung (Kanwil Kemenkumham Babel) Yudi Suseno, Bc.IP, S.Pd, M.Si didampingi Kabid Pembinaan, Bimbingan & Tekhnologi Informasi Ida Bagus Ardana, Bc.IP, SH melaksanakan Kunjungan Kerja ke Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kamis (12/12).

Kunjungan tersebut dalam rangka penguatan integritas jajaran pemasyarakatan dan juga mengoptimalkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPS PATNAL) guna mendorong Satuan Kerja untuk meningkatkan Pelayanan Publik.
Setibanya di Bandara Internasional H.AS Hanandjoedin, rombongan langsung disambut oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si dan langsung menuju Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Kegiatan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan diawali dengan mengikuti Teleconfrence Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) DR. Sri Puguh Budi Utami, Bc.IP, M.Si di ruangan Kerja Kalapas.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen PAS didampingi Sekretaris Ditjen PAS, Ibnu Chuldun, serta Direktur Keamanan dan Ketertiban, Tejo Harwanto menekankan Komitmen Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Dirjen PAS juga mengingatkan untuk tetap mengedepankan Pembinaan Monitoring Pengawasan Pengendalian (Bintrowasdal) dalam rangka Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di seluruh UPT Pemasyarakatan.

“Pastikan semua berjalan dengan optimal serta tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” tegas Dirjen PAS dalam arahannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan kepada Jajaran Petugas Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Bertempat di Aula Atas, Kadiv PAS mendorong jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan untuk meningkatkan Kapasitas diri dan Kualitas Pelayanan Publik. Dirinya juga meminta kepada Kalapas untuk segera melakukan evaluasi internal terkait indikator pengungkit dan indikator hasil, permasalahan, tantangan, dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan satuan kerja untuk melakukan Perbaikan Layanan Publik dan Pencegahan Korupsi dalam menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). “Kita harus saling bergandengan dan saling mendukung guna meraih WBK/WBBM, ini memerlukan KOMITMEN kerja keras dan kerja bersama”, tegas Kadivpas.

 

Dirinya juga mengingatkan saat ini Kemenkumham melakukan Penerimaan Pegawai melalui proses yang Transparan dan Akuntabel. Tidak hanya itu saja, Negara juga sudah menjamin kesejahteraan Petugas Pemasyarakatan melalui Remunerasi yang tinggi. Ini disampaikan untuk flashback, jika sudah menjadi Petugas Pemasyarakatan sangat disayangkan jika berbuat kesalahan merusak citra Institusi. Syukuri apa yang sudah didapatkan dengan menjaga nama baik institusi. Di era digital saat ini, kita terpantau dan bisa dilaporkan kapan saja, Inilah mengapa JAJARAN Pemasyarakatan dituntut untuk Terus dan terus maju membenahi diri untuk menjadi insan Pemasyarakatan yang berintegritas.

Secara terpisah Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si menegaskan komitmen jajarannya untuk mengikuti apa yang diarahkan dari Kadiv PAS. Dirinya menjelaskan saat ini Lapas Kelas IIB Tanjungpandan telah melakukan upaya – upaya pencegahan maupun penindakan terkait dengan peredaran Narkoba. Baik terhadap WBP maupun Oknum Petugas yang terlibat.

“Kita di UPT khususnya kami di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Komitmen, dan Saya selaku Kalapas akan memberikan tindakan tegas tanpa pandang bulu demi Lapas yang bersih dari Narkoba”, tegas Seno.*Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan