Home / Bangka Belitung / Kilas Sejarah Lengkuas Tawarkan Pesona Indah & Objek Wisata Belitung

Kilas Sejarah Lengkuas Tawarkan Pesona Indah & Objek Wisata Belitung

Bagikan :

SIJUK: Pulau Lengkuas terletak di wilayah Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pulau yang kecil ini menawarkan pesona indah dan luar biasa.

Pulau Lengkuas menjadi penopang objek wisata Utama Belitung yaitu Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Ada satu OBJEK di Pulau Lengkuas yang menjadi Ikon pulau itu yaitu MERCUSUAR.

Mercusuar ini dibangun oleh orang Belanda. Saat itu,tahun 1882 bangunan ikonik ini dibuat,lebih tua umurnya di banding Usia Republik ini berdiri.

Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 50-60 meter. Oleh karena, ukuran itu hanya perkiraan, belum ada angka yang valid sampai saat ini berapa ketinggian pastinya yang bisa jadi acuan rujukan trawangnews.

Jadi jangan bayangkan mercusuar lengkuas ini memiliki tinggi seperti menara Eiffel karena Eiffel memiliki tinggi 300 meter, trawangnews pun memperkirakan ketinggian menara mercusuar ini sama seperti menara Pisa setinggi 57 meter, bagi kamu traveler yang pernah italia pasti tahu itu bahwa menara Pisa dan mercusuar Lengkuas hampir sama tinggi.

Walau di buat oleh orang belanda Mercusuar ini dibangun oleh perusahan dari inggris Chance Brothers & Co. istilah di zaman sekarang mungkin lebih tepat nyaTENDER,contoh pemerintah saat ini membangun kereta api bawah tanah dari perusahaan dari negara lain dan sebagainya.

Dengan kontruksi 71 blok silinder luar yang tersusun hingga lantai 18, dan 32 blok silinder inti yang hanya dibangun sampai lantai 15,mercusuar ini tampak kokoh hingga sekarang.*Diambil berbagai sumber