KPPN Tanjung Pandan Terbaik dalam Salurkan APBN Tahun 2023 di Wilayah Bangka Belitung

KPPN Tanjung Pandan terus mendorong pemerintah daerah Kebupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur dalam meningkatkan realisasi Transfer ke Daerah yang terdiri atas Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus Fisik, Dana Alokasi Khusus NonFisik, Dana Desa, dan Dana Insentif Fiskal di sisa tahun anggaran 2023 dengan optimal.

TANJUNGPANDAN: Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Pandan mendapatkan apresiasi atas kerja sama dan pelayanan yang prima sebagai financial advisor dan penyalur Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023.

Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Firza Yulianti selaku Kepala KPPN Tanjung Pandan dalam rangkaian kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2024 secara digital kepada pemerintah daerah dan kementerian lembaga (K/L) di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (12/12/2023).

Sampai dengan 11 Desember 2023, KPPN Tanjung Pandan sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang menjalankan fungsi sebagai financial advisor di wilayah Pulau Belitung, telah mencapai kinerja yang sangat baik dengan berhasil menyalurkan belanja negara sebesar 90,11% dari pagu atau sebesar Rp1,77T. Capaian tersebut diperoleh dari realisasi Belanja Pemerintah Pusat sebesar 90,16% (Rp403,4 miliar) dan realisasi Transfer ke Daerah sebesar 90,09% (Rp1,36 triliun).

Dalam menjalankan fungsi financial advisory, KPPN Tanjung Pandan terus mendorong pemerintah daerah Kebupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur dalam meningkatkan realisasi Transfer ke Daerah yang terdiri atas Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus Fisik, Dana Alokasi Khusus NonFisik, Dana Desa, dan Dana Insentif Fiskal di sisa tahun anggaran 2023 dengan optimal.

“Capaian ini harus terus ditingkatkan. Kami, KPPN Tanjung Pandan, terus menjalin koordinasi yang intensif dengan pemerintah daerah serta BPKAD/BPKPD guna memonitoring dan mengevaluasi penyaluran TKD di Pulau Belitung,” ujar Firza. “Kami berharap, pengelolaan Transfer ke Daerah yang baik itu dapat dirasakan dampaknya oleh masayarakat luas,” sambungnya.

Selanjutnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah DJPb Provinsi Bangka Belitung pada Rabu (13/12), bertempat di Kantor Wilayah DJPb Provinsi Bangka Belitung, KPPN Tanjung Pandan kembali menyabet penghargaan sebagai Kuasa BUN dengan Nilai IKPA Terbaik periode sampai dengan Triwulan III 2023.

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kualitas implementasi perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Sampai dengan triwulan III, KPPN Tanjung Pandan berhasil mencapai nilai IKPA sebesar 95,79 dengan predikat Sangat Baik. Capaian ini menjadi prestasi sekaligus tantangan bagi KPPN Tanjung Pandan dalam menjalankan fungsi treasury dalam mendorong realisasi belanja APBN di wilayah Pulau Belitung yang berkualitas dan akuntabel.*/Penulis: Ananda Gaza