Home / Bangka Belitung / Kurikulum Geopark di SMK Pariwisata

Kurikulum Geopark di SMK Pariwisata

Bagikan :

Sebagai bentuk kepedulian dunia pendidikan terhadap Geopark Belitong atau Taman Bumi Belitong, Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah berhasil menyusun Kurikulum Berbasis Geopark Belitung dalam kegiatan workshop pada bulan Oktober 2020 yang lalu. Kurikulum ini akan digunakan pada 4 SMK bidang keahlian Pariwisata atau yang menyelenggarakan Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Perrhotelan yaitu SMK Negeri 3 Tanjungpandan, SMK Negeri 1 Sijuk, SMK Negeri 1 Kelapa Kampit, dan SMK Swasta Mitra Nusa Bakti Manggar.

Bentuk Kurikulum yang akan diberlakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 (Januari-Juni 2021) mengintegrasikan materi Geopark Belitong ke dalam mata pelajaran tertentu yaitu Seni Budaya, Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris, Kepariwisataan, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia, Food and Beverage, Product Cake Indonesia, Perencanaan dan Pengolahan Perjalanan Wisata, Pemanduan Perjalanan Wisata. Tujuannya adalah agar warga sekolah terutama guru dan siswa mempunyai wawasan tentang Geopark Belitong. Setelah mempunyai wawasan berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan, lebih lanjut dapat meng edukasi masyarakat Belitong betapa pentingnya menjaga warisan bumi ini dalam pelestarian, konservasi dan pengembangannya.

Kesadaran dan pemahaman yang baik terhadap konsep geopark akan meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap daerahnya sehingga mendorong untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Geopark juga mendorong pengembangan usaha lokal yang inovatif yang akan membangkitkan sumber pendapatan baru bagi masyarakat melalui pengembangan geowisata.

Oleh karena itu, kita memulainya dari pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas tentang materi Geopark Belitong, sehingga terdapat pemahaman yang utuh akan konsep Geopark Belitong di kalangan guru dan siswa yang nantinya diharapkan berdampak pada masyarakat. Kita berharap Unesco Global Geopark diraih oleh Belitong tahun ini, untuk memberikan nilai tambah dan semangat masyarakat Belitong terhadap pengembangan wisata kedepannya.* Penulis adalah Adi Zahriadi, MSi /Kepala Cabdin (Cabang Dinas) Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)