Home / Bangka Belitung / PDPM Belitung/Beltim Gelar Rihlah Dakwah Datangkan Ust. Cupink Topan
IMG_20211218_194641

PDPM Belitung/Beltim Gelar Rihlah Dakwah Datangkan Ust. Cupink Topan

Bagikan :

MANGGAR: PDPM Beltim – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Belitung Timur (Beltim) dan Belitung melaksanakan Rihlah Dakwah (Perjalanan Dakwah) bertemakan, “Begalor, Bekisah dan Ukhuwah” dengan mendatangkan salah satu aktor laga sekaligus qori, yaitu Ust. Cupink Topan dan beberapa da’i lokal serta enterpreuner muda asal Belitung dan Beltim.

Kegiatan pertama dari rangkaian perjalanan dakwah tersebut berbentuk talk show dilaksanakan di Masjid Agung Darussalam, Manggar pada hari Jumat (18/12).

Dalam sambutannya ketua PDPM Beltim, Hidayat Sumarta menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan respon PDPM terhadap permasalahan sosial khususnya di kalangan pemuda dan remaja akhir-akhir ini.

“Berangkat dari keresahan dengan permasalahan remaja/ pemuda khususnya di Belitung Timur sangatlah banyak, dimulai dari krisis akhlak dan perilaku remaja saat ini, pergaulan bebas yang menyebabkan tingginya angka pernikahan usia dini dan perceraian usia dini, serta angka putus sekolah di lingkungan pelajar,” ungkap Dayat sapaan akrabnya.

Dayat juga mengajak kepada para organisasi kepemudaan baik itu yang berbasis agama ataupun tidak untuk saling bekerja sama dalam berpartisipasi menuntaskan persoalan di kalangan pemuda/ remaja tersebut.

“Peran kita pemuda sangat penting untuk membantu mengurangi dan mencari solusi dari persoalan tersebut. Dan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, kita harus bersinergi membantu pemerintah,” ujarnya.

“Mari perkuat jalinan ukhuwah di antara kita. Kita harus saling menguatkan untuk berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan sosial di Belitung timur,” imbuh Dayat.

Sementara itu,salah satu pemateri Rihlah Dakwah, Ust. Cupink Topan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PDPM Belitung dan Beltim. Ia bahkan terkesan dengan kegiatan ini sehingga ia berharap acara seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Bahkan ia bersedia membantu mendatangkan pematerinya.

“Kita baru saja menyelesaikan rangkaian acara yang digagas oleh Pemuda Muhammadiyah. Ini sangat luar biasa. Terima kasih sudah diundang di Belitung Timur,” ungkap Ust. Cupink Topan yang juga aktor film The Raid: Redemption itu.

Ust. Cupink sebut bahwa Hari ini sangat berkesan sekali apalagi kegiatan ini diadakan di sebuah masjid agung yang sangat indah sekali, yaitu Masjid Agung Darussalam.

“Mudah-mudahan ke depannya acara ini terus dilaksanakan, bisa dibuat secara rutin, insyaallah saya siap bantu untuk mendatangkan para pemateri untuk membakar semangat ghirah khususnya di kalangan pemuda di Belitung Timur ini untuk lebih semangat lagi menyampaikan syiar-syiar dakwah bagaimana,” lanjutnya.

Ust. Cupink Topan berharap dengan keberlanjutan kegiatan seperti ini dapat mendatangkan dampak positif bagi kehidupan masyarakat di Pulau Belitung, khususnya di Belitung Timur.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap setahun sekali/ enam bulan sekali. Jadi negeri ini bukan hanya dikenal dengan negeri penghasil timah saja tapi bagaimana menjadi negeri yang bisa menghasilkan perikanan, kelautan, pertanian dan lain sebagainya. Intinya adalah berkah baldatun toyyibatun warobbun ghofur (Negeri yang makmur dan damai-Red),” pungkasnya.

Selain di Masjid Agung Darussalam, Rihlah Dakwah juga dilaksanakan di beberapa tempat baik di Beltim maupun Belitung, yaitu Masji Assalam I, Masjid Sabilul Falah, serta puncaknya di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung. Rangkaian kegiatan ini diadakan selama 3 hari, yaitu 17-19 Desember 2021 berupa talk show serta tausyiah shubuh. .*