Home / Bangka Belitung / Pemdes Batu Itam Salurkan Bantuan Alat/Mesin Pertanian ke Kelompok Tani
IMG-20210407-WA0037

Pemdes Batu Itam Salurkan Bantuan Alat/Mesin Pertanian ke Kelompok Tani

Bagikan :

SIJUK – Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Itam salurkan bantuan alat dan mesin pertanian pada sejumlah kelompok tani Rabu (7/4) , di Kantor Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Adapun penyaluran bantuan tersebut adalah dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan kemajuan di sektor pertanian.

Kepala Desa (Kades) Batu Itam Mulkan sebut bahwa
dengan penyaluran alat ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan petani dalam mengolah lahan pertaniannya.

Ia juga ungkapkan bahwa
alat pertanian berupa kultivator tersebut berfungsi untuk mengolah tanah sekunder dimana dua kelompok tani yang menjadi penerima bantuan tersebut yaitu Kelompok Tani Sawah Harapan Baru serta Kelompok Tani Air Kemang.

“Masing-masing kelompok menerima dua alat kultivator yang besar dan yang kecil jadi semuanya empat unit,” katanya.

Oleh sebab itu, Ia berharap alat kultivator tersebut dapat membantu meringankan beban pekerjaan para petani dalam mengolah lahan terutama untuk lahan sawah sehingga produksi padi mengalami meningkatan.

“Alat tersebut juga bisa digunakan untuk membajak sawah kemudian membuat lajur pertanian sehingga dapat meringankan beban petani. Kami juga meminta agar alat tersebut dapat di jaga dan dirawat sebaik mungkin,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Sawah Harapan Baru Desa Batu Itam, Arman Suseno mengatakan syukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Desa Baru Itam.

Dikatakannya, dengan adanya alat kultivator tersebut dapat membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian sehingga meningkatkan produksi.

“Terimakasih sekali bantuan ini karena sangat membantu petani dalam mengolah lahan karena kami akan memulai menanam¬†dan menyemai pada bulan ini,” tutupnya. *