Home / Bangka Belitung / Perayaan HUT Klenteng THAI SONG LO KHIUN
IMG_20220318_054743

Perayaan HUT Klenteng THAI SONG LO KHIUN

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Perayaan HUT (hari ulang tahun) Klenteng THAI SONG LO KHIUN  digelar pada Kamis,  17 Maret 2022, yang dipusatkan di Klenteng SUHU ATO Jln. Prumnas Aik Baik Dalam – Belitung, Desa Aik Pelempang Kecamatan Tanjungpandan.

Dari pantauan media ini, sejak pukul 17.00 Wib  terlihat sejumlah warga ikuti  peringatan ulang tahun 28 Dewa Thai Shong Lo Khiun Di klenteng Shag Lo Khiun.

Memang saja, tahun ini tidak seperti sebelumnya, karena pandemi covid-19, dirayakan sederhana. Hanya ada, sejumlah acara mulai dengan kegiatan ritual, penampilan barongsai, serta antraksi budaya lainnya sambil para hadirin disediakan makanan dan minuman yang disajikan pihak panitia.
“Hiburan grup musik ditiadakan mengingat kondisi pandemi 19,” kata Suhu Ato.

Sementara itu, pantauan trawangnews.com, sore hingga malam, sejumlah warga Thionghoa mulai berdatangan ke kelenteng tersebut, mulai dari anak-anak, dewasa. Mereka secara inisiatif  satu persatu warga mulai mengambil garu dan membakarnya. Disela-sela warga lakukan aktivitas sembayang, suhu ato mulai melakukan berbagai antraksi. Mulai tusuk besi di pipi, iris bagian tubuh dengan pedang, dan berbagai antraksi lainnya.
Memang saja, tontonan antraksi ini, ada yang panik, atau juga khawatir. Bahkan, ada yang sudah biasa menyaksikannya tanpa rasa takut. Dan bila tak biasa, mungkin akan memalingkan mukanya ke belakang.
Tentu saja, berbagai rangkaian peringatan klenteng ini berakhir pada malam hari atau tengah malam sesuai dengan tradisi yang dilakukan.

Ketua Klenteng Suhu Ato
Ungkapkan bahwa kegiatan ulang tahun ini merupakan upaya untuk mengangkat tradisi dan pelestarian budaya sebelumnya yang kerap dilakukan para leluhur terdahulu.*trawangnews.com