Pers Ditengah Covid, Jasman: Jurnalis Bertugas Sesuai Tuntutan Profesi

TANJUNGPANDAN: Ditengah kondisi covid-19, peran media dinilai sebagai salah satu garda terdepan dalam menyajikan informasinya dan lakukan tugas sesuai dengan tuntutan profesinya. Sebab itu, peran pers disamping menjalankan tugas jurnalistik namun jangan lupa selalu perhatikan keselamatan dan kesehatan rekan-rekan jurnalis.

Demikian disampaikan Plt. Ketua Perwabel Jasman SE, saat dikonfirmasi media online pada hari ini, Minggu (3/5).
Terkait peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia 2020 yang diperingati setiap 03 Mei 2020. Dengan peringatan hari pers saat ini, kalangan wartawan dihadapi dengan Pandemi Virus Corona atau COVID-19, sehingga arus Informasi menjadi bagian yang tak kalah penting.

Karenanya, tambah Jasman dalam bentuk pemberitaan diharapkan bisa menulis berita secara akurat dan terpercaya serta dapat dipertanggungjawabkan.

Sekarang ini tema besar adalah bagaimana mempertahankan profesionalisme para Jurnalis yang turun langsung dalam kegiatan peliputan yang sangat Sensitif akan Keselamatan di tengah Pademi COVID-19 ini.
“Dan peran Media tetap harus terus berjalan sesuai Fungsinya dalam menyampaikan segala bentuk Informasi,” ungkapnya.

Jasman sebut kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. Karena itulah kata Jasman, dalam Pasal 4 UndangUndang No 40 Tahun 1999 tentang Pers dinyatakan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara

“Jaminan terhadap kebebasan pers memiliki kausalitas dengan perlindungan wartawan. Tak ada gunanya ada kemerdekaan pers, tapi wartawan tidak merdeka dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan jurnalistik sesuai tuntutan profesinya,” katanya.

Begitu juga, dalam menjalankan tugasnya, Jasman harap jurnalis harus mendapatkan hak atas informasi dan hak untuk tahu dari semua pihak/masyarakat yang notabene adalah menjadi kewajiban negara untuk memenuhinya.

Kaitan dengan covid-19, Jasman juga harap kalangan wartawan bisa menjaga Keselamatan dan Kesehatan guna mendukung kegiatan Jurnalistik khususnya Jurnalis yang berada di Pulau Belitung ini.*