Home / Bangka Belitung / Persiapan Porprov 2023, Koni Beltim Gelar Test Parameter Fisik Atlit

Persiapan Porprov 2023, Koni Beltim Gelar Test Parameter Fisik Atlit

Bagikan :

MANGGAR: Koni Kabupaten Beltim (Belitung Timur) mengadakan test kemampuan (test parameter) fisik atlit dalam rangka persiapan porprov (pekan olahraga provinsi) 2023 mendatang, yang bertempat di Gor Manggar, Kabupaten Belitung Timur, pada Jumat 8 Oktober 2021.

Ketua Umum Koni Kabupaten Beltim Kamarudin yang akrab disapa Toyo mengatakan bahwa test parameter ini adalah salah satu program Koni Kabupaten Beltim yang dilaksanakan oleh bidang litbang dan sudah dianggarkan diawal tahun.

Test parameter ini kata Kamarudin, sangat penting sekali dimana kita bisa mengukur kemampuan fisik atlit yang sejauh mana kemampuan mereka untuk bertanding diajang porprov (pekan olah raga provinsi) nanti.

Test parameter ini lanjut Kamarudin, dilaksanakan karena berkaitan dengan program atlit unggulan dan atlit potensial yang mana atlit berprestasi tersebut diberikan insentif setiap bulannya.
“Makanya kita mau tahu apakah atlit tersebut masih sering berlatih atau tidak. Apakah fisiknya sudah menurun atau bertambah. Kalau masih tetap bagus berarti masih tetap kita berikan intensif setiap bulannya sebagai bentuk kepedulian Koni Beltim dan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan prestasi,” katanya.

Menurutnya, Atlit yang lakukan test paramater ini berasal dari seluruh cabang olah raga mempunyai atlit-atlit berprestasi yang disebut atlit unggulan yang setiap tahunnya akan selalu ditest kemampuannya.

“Semoga program- koni yang melalui bidang-bidangnya (Kabid Litbang Koni Beltim Minto Harsono SPd), terlaksana dan dapat memacu prestasi sehingga dapat membesarkan nama Belitung timur,” kata Kamarudin.

Selain diberikan insentif, kata Kamarudin, atlit yang berprestasi di usia sekolah diberikan kesempatan beasiswa di perguruan tinggi selama 4 tahun alias kuliah gratis sampai dengan gelar S1 keguruan.

Hal ini kata Kamarudin adalah sebagai bentuk kepedulian Koni Beltim terhadap atlit
dan dalam hal kuliah gratis ini tidak menggunakan uang pemerintah maupun uang koni.

Tapi program ini kata Kamarudin, merupakan kerja sama Koni Kabupaten Belitung Timur dengan STKIP Bandung ini karena memang perguruan tinggi STKIP ini ingin mencari bibit-bibit unggul yang berprestasi.

Menurut Kamarudin, di tahun 2021 ini sudah ada 3 atlit yang pernah berprestasi dikirim ke STKIP Bandung dan mendapatkan beasiswa dari Cabang Tenis Meja 1 orang dari Cabang Karate 1 orang dari Cabang Senam 1 orang.

“Saya berharap kepada seluruh atlit agar lebih giat lagi mengejar prestasi mumpung dirinya masih menjadi Ketua Koni Beltim.
Dan koni Beltim adalah sebagai kepanjangan tangan Bupati Beltim yang bergerak di bidang olahraga maka kita harus berbuat dan berjuang bagaimana kita menciptakan prestasi untuk membawa harum nama Belitung Timur menjadi lebih baik,” katanya.*