Rumah Budaya Kabong Dikunjungi Lembaga Adat Melayu Belitung

TANJUNGPANDAN: Kunjungan silaruhrahmi LAMBEL (Lembaga adat Melayu Belitung) dengan Rumah Budaya Kabong, pimpinan Muhamad Hatta, yang bertempat di Jalan Air Ranggong Kampong Seni N. 01 Desa Air Saga Kec.Tanjungpandan Kab.Belitung Prov Kep Bangkabelitung Indonesia, pada Senin, 26 Desember 2022.

IMG_20221227_064212

Dalam acara silatuhrahmi ini hadir Ketua Lembaga adat Melayu Belitung (LAMBEL) Drs.H. Abdul Hadi Adjin, yang didampingi Sekretaris LAMBEL Ismail Mihad, serta relawan LAMBEL Marsidi. Sedangkan dari Rumah Budaya Kabong hadir pimpinan/pengelolanya Hatta kabong.

Saat berada di Rumah Kabong, LAMBEL melihat berbagai produksi Rumah Budaya Kabong, diantaranya perangkat adat dari pakaian adat, tanjak, buah butun gendik,pranis, perbie Adat dan lain-lain.

Kepada LAMBEL, Hatta bercerita tentang berbagai kunjungan kegiatan dari Rumah Budaya Kabong ke berbagai negara. Diantaranya kunjungan di negeri 9 malaysia, dengan binaan yayasan melayu johor tamadun melayu dunia untuk mengikuti pameran pekan kebudayaan melayu dunia desember 2022 sebagai misi kebudayaan dan membawa nama baik pulau Belitung di kanca dunia.

Dalam even tersebut, Hatta membawa produk dari Rumah Budaya Kabong di acara pameran tersebut. Ada ikatan kepala khas melayu yaitu TANJAK (TANAH YANG DI PIJAK) serta berbagai pernak pernik khas Melayu yang menggambarkan adat MELAYU Belitong yang sekaligus juga untuk memperkenalkan budaya Belitung.

Sebelumnya juga baru-baru ini, Rumah Budaya Kabong mengikuti acara kegiatan pameran hari ulang tahun TNI AU PIA Ardhya Garini, dengan keberangkatan biaya yang dikeluarkan sendiri. Kehadiran tersebut ikut mempromosikan wisata, Belitung.

IMG_20221227_064407

Kini Rumah Budaya Kabong terus berkiprah untuk dibidang pengembangan budaya dan adat Belitung, termasuklah memproduksinya. Sebab itu, yang berminat untuk kebutuhan berbagai kegiatan adat, bisa hubungi Muhamad Hatta dan silahkan ke Rumah Produksi Tekstil Besar Belitung, JI. Air Ranggong Kampong Seni N. 01 Desa Air Saga Kec.Tanjungpandan Kab.Belitung Prov Kep Bangkabelitung Indonesia, (0878 9474 7878/0831 9360 9230/0877 1340 2666)./@hatta_kabong_bedentum. @rumah_budaya_ kabong, facebook ( Muhamad Hatta & Rumah Budaya Belitong), [email protected]. UMKM MUDA Kepulauan Bangka Belitung Takkan Melayu Hilang di Negri Laskar Pelangi.* salam budaya MEMBUMI DI TANAH MELAYU BELITONG ?