Home / Bangka Belitung / Safari Jumat Di Masjid Al-Hilal, LAMBEL Ajak Umat Jaga Lingkungan Hidup
IMG-20210226-WA0085

Safari Jumat Di Masjid Al-Hilal, LAMBEL Ajak Umat Jaga Lingkungan Hidup

Bagikan :

SIJUK: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) lakukan safari jumat dan sekaligus silatuhrahmi dengan pemangku adat desa pelepak putih yang bertempat di Masjid Al-Hilal, di Desa Pelepak Putih, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, pada Jumat, 26 Februari 2021 kemarin.

Rangkaian kegiatan LAMBEL diawali safari jumat, dengan sholat Jumat bersama dengan Imam dan Khotib Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin.

Dalam uraian khotibnya, Ketua LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) Drs. H. Abdul Hadi Adjin menyampaikan materi berkenaan dengan tema kewajiban umat untuk jaga kelestarian dan lingkungan hidup serta menjaga ketauhidan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Untuk diketahui, LAMBEL merupakan lembaga adat yang berfungsi menjaga adat, budaya, kearifan lokal dan lingkungan hidup telah diatur dalam undang-undang negara sampai ke peraturan daerah.

Bahkan LAMBEL juga selalu berpatokan seperti yang tercantum dalam.QS AL-Rum ayat 41 sebagai dasar aktivitas dan mewadah adat dan menjaga lingkungan hidup.

Sebab itu, Saat ini telah nampak terlihat dimuka bumi ini kerusakan akibat ulah ulah manusia.
Kerusakan didarat misalnya bukan rahasia umum lagi. Mulai longsor, banjir, tanah bergerak, gunung atau gempa meletus, corona.

Bukan hanya kerusakan lingkungan, kerusakan adab dan etika yang jauh dari nilai nilai keberadaban yang kini menjadi jadi. Ini karena telah terjadi kerusakan tauhid iman dan peradaban yang mulai luntur.

Untuk itu mari lestarikan dan jaga lingkungan hidup serta perbaiki akhlak diri kita dengan meningkatkan ketakwaan dan iman kepada Allah SWT.

Usai sholat Jumat, acara kemudian dilanjutkan dengam silatuhrahmi berkaitan dengan kearifan lokal yang dihadiri pemangku adat Desa Pelepak Putih, tokoh agama, tokoh masyarakat, mantan kades/kadus dan tokoh pemuda serta jamaah masjid Al hilal. Silatuhrahmi ini terdapat kesimpulan ada keinginan dari LAM Desa Pelepak Putih membentuk kawasan wisata adat dan penerapan kearifan lokal.
Usai dialog dilanjutkan makan siang bersama dan kemudian dilakukan kunjungan ke kawasan wisata batu titi.

Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua LAMBEL Achmad Hamzah, Sekretaris Ismail Mihad dan Bendahara Karseno, dan personil LAMBEL Arif,
Ketua lam pelepak putih
Rudiansyah.*