Senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein Hadiri Selamatan Kampong di Kelurahan Lesung Batang

TANJUNGPANDAN: Selamat kampong di rumah Dukun Lesung Batang Sadeli, di kawasan RT 5/3 Dusun Lesong Batang, Kelurahan Lesong Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada hari ini Kamis 15 Desember 2022.

Acara kegiatan ini selain dihadiri Lurah Lesung Batang beserta perangkat keluragan lesung batang, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pemangku adat juga dihadiri Senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein diacara selamat kampong.

IMG_20221215_143138

Darmansyah hadir disamping menjalin silatuhrahmi juga secara bersamaan kegiatan resesnya di Kabupaten Belitung.

Pada kesempatan tersebut, Darmansyah juga satu persatu menyapa warga yang hadir termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat Lesung Batang.

Adapun kegiatan itu dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan masyarakat dalam satu kampung, agar terhindar dari segala musibah, bencana, marabahaya dan malapetaka.

Adapun pelaksanaan acara selamat kampong dipimpin langsung Dukun Kampong. Berbagai rangkaian acara Selamat Kampong dimulai dengan Ritual Nyucor Aik Sembilan , dimana ritual tersebut berisi doa doa , yaitu Doa selamat, Doa tolak bala, Doa Rasul dan Sumpah Rasul.
Selamat Kampong dilakukan dengan tujuan untuk rasa syukur, serta menjaga masyarakat dalam satu kampong tersebut agar terhindar dari marabahaya, balak dan petaka. Hal ini masih sangat dipercayai oleh masyarakat dan ritual adat ini telah diberlakukan secara turun temurun.

Acara adat ini diberlangsungkan dengan mendoakan keselamatan masyarakat kampung dengan bermedia air dicampur dengan daun, biasanya disebut air kesalan, yang kemudian didoakan bersama oleh para petuah daerah yang dipimpin oleh dukun kampong.

Lurah Lesung Batang Kecamatan Tanjungpandan Heru Saputra, yang diwakili Sekdes Lurah Lesung Batang Evi Gustini mengakui kagum atas inisiatif warga masyarakat yang telah melakanakan acara kegiatan ini dengan lancar.

Melalui acara ini, katanya sebagai salah satu pelestarian adat dan budaya serta jalin silatihrahmi.
“Semoga adat terus terpelihara dan lestari sepanjang masa,” katanya.

Ia pun mengajak warga masyarakat Lesung Batang agar selalu kompak dan selalu perkuat kebersamaan dalam membangun kampong.

IMG_20221215_143348

Sementara itu, dalam sambutannya, anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein sampaikan terima kasih kepada panitia acara atas digelarnya kegiatan selamatan kampong ini semoga terus terjalin silatuhrahmi dengan seluruh warga masyarakat

“Acara ini terus terjaga dan dilestarikan adat, dan budaya serta kearifan lokal. Semoga kita semua juga diberikan keberkahan dan diberikan kesehatan dan sukses dalam segala hal,” katanya.*