Home / Bangka Belitung / SMKN 1 Selat Nasik Ikut Sukseskan Progamme For Internasional Student Assement
IMG_20220527_155100

SMKN 1 Selat Nasik Ikut Sukseskan Progamme For Internasional Student Assement

Bagikan :

TANJUNGPANDAN – SMKN 1 Selat Nasik ikut mensukseskan kegiatan Progamme For Internasional Student Assement (PISA) pada Jumat (27/5).
Untuk itu, guna mensukseskan itu, sebanyak 39 orang peserta dari SKM 1 Selat Nasik mengikuti program tersebut.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Selat Nasik Heri Heryadi kepada wartawan mengatakan, sangat mendukung adanya program PISA tersebut. Apa lagi SMKN 1 Selat Nasik termasuk kedalam sekolah yang mengikuti over samping PISA.

Menurutnya, PISA merupakan studi literasi internasional yang di dukung oleh Organisasi Kerja Sama Pembangunan Ekonomi (OECD) yang bertujuan untuk meneliti secara berkala kemampuan siswa di bawah umur 15 tahun.

“Dalam membaca matematika, sains dan berpikir kritis,” katanya.
Menurutnya, berpartisipasi dalam PISA sangat penting karena hasil penilaian dapat digunakan menunjukkan kesiapan siswa dan siswi untuk belajar setelah menamatkan sekolah.

Selain itu dapat mengindentifikasi bagian-bagian yang perlu di tingkatkan dari waktu ke waktu oleh sekolah, sistem pendidikan dan Pemerintah.

“Juga memungkinkan untuk membandingkan prestasi siswa dan lingkungan belajar antara negara-negara yang berbeda,” katanya.
Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V pada Dinas Pendidikan Provinsi Babel Adi Zahriadi mengatakan, merasa senang sekolah di lingkungan Cabdin Wilayah V menjadi over sampling untuk melakukan PISA.

Dijelaskannya, ada 10 sekolah di wilayah Cabdin V yang mengikuti PISA nyaitu SMAN 1 Tanjungpandan, SMAN 2 Tanjungpandan, SMAN 1 Sijuk, SMA Anugrah, SMA PGRI Tanjungpandan.

Kemudian, SMAN 2 Manggar, SMAN 1 Kelapa Kampit, SMA 1 Simpang Pesak, SMKN 3 Tanjungpandan dan SMKN 1 Selat Nasik.

“Kami tentu sangat senang sekolah di lingkungan Cabdin wilayah V menjadi over sampling, untuk mewakili Provinsi Babel sekaligus mewakili Indonesia semoga PISA 415 bisa dapat terwujud,” tutupnya. .*