Temui Penjabat (Pj) Gubernur, ini yang disampaikan Forum DAS Babel

Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan permohonan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel terkait pelaksanaan Jambore Nasional Relawan Lingkungan

PANGKALPINANG: Forum Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili oleh Kepala Balai Pengelolaan Aliran Sungai Batu Rusa Cerucuk, Muhtar Effendi, telah mengadakan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Babel pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan permohonan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel terkait pelaksanaan Jambore Nasional Relawan Lingkungan.

Kegiatan jambore ini dijadwalkan akan berlangsung di Wisata Alam Batu Mentas, Belitung, pada tanggal 9-11 November 2023. Diperkirakan sekitar 500 peserta akan berpartisipasi dalam jambore ini, berasal dari berbagai kalangan, termasuk SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum, baik yang sudah tergabung dalam komunitas lingkungan maupun yang belum tergabung.

Muhtar Effendi, dalam pernyataannya yang dikutip dari Babelprov.co.id, menjelaskan bahwa tema utama Jambore ini adalah “Merajut Jejaring Relawan Lingkungan untuk Mendukung Pencapaian Indonesia‚Äôs FOLU Net Sink 2030”. Ini adalah agenda rutin yang diadakan setiap dua tahun sekali. Sebelumnya, kegiatan serupa telah sukses dilaksanakan pada tahun 2019 di Kawasan Hutan Lindung Namang Bangka Tengah dan tahun 2021 di Bukit Penyabong Kabupaten Bangka Barat.

Tahun ini, Forum DAS Kepulauan Bangka Belitung memiliki kehormatan untuk mengundang FORUMDAS dari seluruh Indonesia, mengingat prestasinya sebagai mitra strategis paling inovatif menurut penghargaan dari Kementerian KLHK RI. Hal ini menunjukkan komitmen mereka dalam pelestarian lingkungan.

Melalui kegiatan Jambore ini, Muhtar berharap generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati di Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, mereka juga bertujuan untuk membentuk relawan yang cerdas, tangguh, berbudaya, dan bermartabat.

Pj Gubernur Suganda mengapresiasi peran FORUMDAS sebagai mitra pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan hutan. Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini.

Selain itu, Pj Gubernur juga memberikan motivasi kepada relawan FORUMDAS agar tetap semangat dalam menjalankan amanah mereka demi kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung. Semangat ini menjadi pilar penting dalam menjaga lingkungan dan kekayaan alam daerah ini. (*)