Home / Bangka Belitung / Terkait Adat & Budaya, LAM Belitung Koordinasi ke LAM Kecamatan Sijuk

Terkait Adat & Budaya, LAM Belitung Koordinasi ke LAM Kecamatan Sijuk

Bagikan :

SIJUK: LAM (Lembaga Adat Melayu) Belitung gelar silatuhrahmi dengan pengurus LAM Kecamatan Sijuk, baru baru ini yang bertempat di kantor Camat Sijuk, Kecamatan Sijuk Kabuputen Belitung.

Acara ini dihadiri LAM Belitung, Camat Sijuk beserta perangkat, pengurus LAM Kecamatan Sijuk dan LAM Desa se Kecamatan Sijuk.

Ketua LAM Belitung Drs. Abdul Hadi Adjin sebut kegiatan ini merupakan sinergi dengan LAM Sijuk sebagai bentuk silatuhrahmi guna mendukung program pelestarian adat, budaya dan lingkungan dalam pengembangan wisata di Kecamatan sijuk khususnya Belitung serta menuju Geopark Belitung.

Pada pertemuan Ini Hadi ungkapkan bahwa ada kesepakatan bersama soal pembinaan internal dari LAM Kecamatan hingga LAM tingkat Desa Se Kecamatan Sijuk.

“Ada pemikiran soal dana operasional LAM yang selama ini tidak ada baik tingkat kecamatan maupun LAM tingkat desa. Ini dibahas bagaimana membantu LAM Kecamatan dan desa dalam upaya ikut sinergi bangun adat dari desa sampai tingkat kabupaten,” kata Hadi.

Meski tak miliki kegiatan operasional, kata Hadi pihak kecamatan mengakui LAM kecamatan dan desa selalu tampil event kegiatan seni budaya dalam setiap tahun,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Kata Hadi, camat Sijuk berharap agar setiap desa memiliki satu potensi seni budaya kearifan lokal yang dibina.

“Misalnya di setiap desa ada kegiatan seni budaya seperti campak, dan LAM di desa tersebut ikut membina. Begitu juga dengan desa yang lainnya,” kata Hadi.*