Home / Bangka Belitung / Terkait Bantuan Kapal, Dinas Perikanan & Penyuluh Tinjau KUB Karang Balang
1595509099424

Terkait Bantuan Kapal, Dinas Perikanan & Penyuluh Tinjau KUB Karang Balang

Bagikan :

BADAU: Dinas Perikanan Kabupaten Belitung bersama penyuluh perikanan bantu lakukan peninjauan ke KUB Karang Balang, di Desa Sungai Samak Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Adapun kunjungan tersebut dilakukan adalah untuk melakukan moven dan evaluasi bantuan dari dinas perikanan kepada KUB Karang Balang berupa 5 unit kapal fiber ukuran 1 gt, tahun 2019 lalu.

Saat peninjauan, dinas perikanan dipimpin sekdin perikanan Firdaus Idamsyah, dan bidang perikanan tangkap Khoiril Mustafa S.Kel dan Ade Hotman S.Kel yang diterima langsung, Chairul KUB Karang Balang, yang merupakan nelayan pesisir yang tinggal di jalan Sungai Samak Rt03/01.

Pada kesempatan itu, dilakukan pengecekan buku administrasi kelompok dan pengecekan kapal sudah dimanfaatkan oleh nelayan.


Sekretaris dinas perikanan Firdaus Idamsyah mengarahkan supaya bantu kapal fiber ukuran 1Gt dan dimanfaatkan oleh kelompok untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan supaya bisa menambah lagi satu kapal nelayan.

Ia berharap 5 kapal dibantu oleh pemerintah daerah bisa berkembang lagi jadi satu kapal dari dana kas kelompok untuk kedepannya jadi kelompok bisa berkembang jangan hanya mendapatkan bantuan saja jadi kelompok bisa mandiri.

Sedangkan Penyuluh perikanan Debi Sagitalina SPi memberikan arahan kelompok bisa mengembangkan usaha dengan akses permodalan lewat pihak perbankan akan didampingi oleh penyuluh perikanan untuk pengajuan proposal pinjaman kredit.

Adapun saat dilapangan, kendala dari KUB saat ini tidak bisa beli bensin ke SPBU selama ini beli bensin ke eceran untuk bahan bakar mesin tempel untuk kelautan. Sebab beli bensin eceran sangat mahal tidak sesuai dengan biaya penjualan hasil tangkap nelayan menurun akibat dampak akibat corona.

Dinas perikanan kabupaten Belitung akan membantu nelayan untuk buat surat rekomendasi untuk membeli bensin ke SPBU khusus nelayan jadi bisa mahal murah.*