Home / Bangka Belitung / Untuk Keselamatan, LAMBEL Gelar Acara Tolak Bala di Rumah Adat Belitung
IMG_20220610_111337

Untuk Keselamatan, LAMBEL Gelar Acara Tolak Bala di Rumah Adat Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Melayu Belitung) menggelar acara tolak bala yang bertempat di rumah adat Belitung, jalan A. Yani Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung, pada hari Jumat 10 Juni 2022.

Acara tolak bala’ ini dihadiri Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin dan pengurus LAMBEL Achmad Hamzah, Ismail Mihad, Karseno, Dukun Lesong Batang Sadeli, Dukun Pangkal Lalang Naseri.

IMG_20220610_111443

Adapun acara tolak bala’, (ngelepaskan segala bala) diawali dengan penyiapan daun Kesalan (daun ati-ati dan daun neruse), ketupat lepas, air putih, yang ditaruhkan diatas mangkok atau piring. Selanjutnya dibacakan doa tolak bala oleh pemuka adat sebagai doa selamat untuk masyarakat sekitar dan umumnya kabupaten Belitung.

Ketua LAMBEL Drs H. Abdul Hadi Adjin sampaikan bahwa tolak bala merupakan upacara adat yang telah menjadi kearifan lokal sejak dahulu kala.  Adapun kata Hadi, lewat acara ritual tolak bala dilakukan seperti yang beberapa waktu yang lalu dan sudah diketahui bersama bahwa masyarakat terganggu seperti covid dan hal-hal lainnya. “Jadi hari ini kita gelar acara tolak bala,” katanya.

Selain kegiatan ini kata Hadi, acara ini adalah untuk mengembalikan acara silatuhrahi untuk perkuat rasa persaudaraan dan ketenangan.*