Untuk Pengembangan Pembudidayaan Ikan, Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Nipale Lesung Batang Mohon Dukungan Bantuan Pemerintah Daerah.

Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar "Nipale" berharap dapat terus mengembangkan usaha mereka dan memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian lokal, terutama kesediaan ikan air untuk kebutuhan masyarakat Tanjungpandan

TANJUNGPANDAN: Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar “Nipale” di Jalan Air Tayu nomor 14 RT 04/RW 02, Kelurahan Lesung Batang,kini mengharapkan bantuan bibit ikan air tawar serta alat seperti pompa dan keramba (waring) untuk pengembangan usaha budidaya mereka. Kelompok ini terletak di samping Puskesmas Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Babel.

Ketua Kelompok, Agus Irawan mengungkapkan bahwa kelompok mereka telah menjalankan usaha budidaya ikan air tawar selama 13 tahun. Saat ini, mereka memiliki tiga kolam dan sepuluh bak pembibitan yang diisi dengan berbagai jenis ikan air tawar seperti nila, patin, dan lele.

“Selama ini, tenaga kerja yang kami gunakan adalah lima orang warga masyarakat Lesung Batang,” kata Agus. .

IMG 20240527 115244
Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar “Nipale” di Jalan Air Tayu nomor 14 RT 04/RW 02, Kelurahan Lesung

Menurutnya, bibit ikan selama ini dihasilkan melalui pembibitan yang dilakukan dengan bantuan swadaya kelompok.
Agus berharap agar pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dalam pengembangan usaha budidaya ini, terutama dalam hal penyediaan bibit dan alat yang dibutuhkan.

Ia juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat melalui usaha budidaya ikan air tawar ini.

Dengan bantuan yang tepat, Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar “Nipale” berharap dapat terus mengembangkan usaha mereka dan memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian lokal, terutama kesediaan ikan air untuk kebutuhan masyarakat Tanjungpandan. *.