Usaha Nelayan, Koperasi dan Poklahsar di Kalaju Suak Gual Dikunjungi Tim Teknis Kementerian PAN RB dan KKP RI

SELATNASIK: Tim Teknis Kementerian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara) RB (Reformasi Birokrasi) dan KKP (Kelautan dan Perikanan) RI melakukan kunjungan ke Koperasi dan Poklaksar (Kelompok Pengolahan dan Pemasaran) di Kalaju (Kampung Nelayan Maju) Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, baru baru ini.

Saat berkunjung di Koperasi Kalaju, Rombongan tim teknis PAN RB dan KKP RI meninjau produksi es, dan berdialog langsung dengan ketua koperasi Kalaju Rozali.

Dalam peninjauan yang didampingi penyuluh Perikanan Ani Saputra SPI, Ketua Koperasi Rojali menjelaskan tentang produksi ice flack dan pemasarannya.
Sedangkan peninjauan ke poklahsar, rombongan juga melihat langsung produksi pembuatan bakso ikan dan kerupuk ikan.

IMG_20230709_121254

Ketua Poklahsar Nuraini sampaikan setiap hari produksi pembuatan bakso ikan dan kerupuk serta abon ikan untuk dipasaran lokal.
Selanjutnya, kunjungan ke pengempul ikan milik usaha Pak Mat Nur di Suak Gual. Rombongan juga mengecek ikan yang ada di pengempul ikan

Dan terakhir berkunjung tempat rumah produksi ecoprint di Kalaju Suak Gual, Rombongan ini mendapatkan penjelasan bagaimana cara pembuatan baju ecopront , selendang dan lainnya.

Adapun ketiga usaha tersebut merupakan binaan penyuluh perikanan ani saputra SPI.

Adapun acara kegiatan ini dihadiri dari Biro SDM Aparatur dan Organisasi KKP Fionera, BRSDM KKP Yuniyanti Rahayuningsih, Kementerian PAN RB,Nurmala Dewi dan Eva Intan Nurwendah, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Palembang Ibu Nurwanti,