Home / Bangka Belitung / Acara Musyawarah Adat Di Sijuk, LAMBEL Ajak Masyarakat  Dukung G-20
IMG_20220203_080240

Acara Musyawarah Adat Di Sijuk, LAMBEL Ajak Masyarakat  Dukung G-20

Bagikan :

SIJUK: Rabu, 2 Februari 2022, kegiatan musyawarah adat yang dirangkai dengan acara  pembentukan Satgas (satuan tugas) perangkat Gawai, resmi terbentuk, di Desa Sijuk. Adapun acara pembentukan satgas perangkat gawai yang bertempat di rumah adat desa Sijok Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Saat pembentukan satgas perangkat gawai, selain dihadiri Lembaga Adat Melayu Desa, juga dihadiri Ketua LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) Drs. H. Abdul Hadi Adjin dan pengurus LAMBEL Achmad Hamzah, Ismail Mihad dan Karseno.

Turut hadir Camat Sijok/Sekcam, Kades Sijuk, BPD Sijuk, ketua Lambel Kecamatan Sijok, Ketua LAM Desa Sijuk, Mak Panggong, Mak Inang, Dukun Kampong, Lebay Pengarak Penganten,
Tukang Gendang, Penghulu Gawai, Tukang Berebut Lawang, Kadus.

Adapun kegiatan pembentukan satuan tugas perangkat gawai se-Belitung dalam rangkaian sosialisasi perda no. 3 tahun 2003 tentang Prosesi Perkawinan Adat Belitong khususnya mengenai Tata tertib Panitia Begawai Belitong.

Adapun satuan tugas perangkat gawai diantaranya
Kepengurusan satgas penghulu gawai, satuan tugas mak inang, satuan tugas mak panggong, satuan tugas berebut lawang).

Ketua LAMBEL Drs H. Abdul Hadi Adjin mengajak kepada peserta musyawarah adat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya, dan melestarikan lingkungan hidup desa Sijok.

Lewat Silatuhrahim, Hadi ajak kekompakan semua unsur-unsur yang ada di desa ini guna melakukan tugas-tugas tersebut
“Jika bukan kita “urang Sijok siape agik” yang akan menata dan membangun Desa Sijok ini. Apalagi Kecamatan Sijok ini adalah pusat Wisata,” katanya.

Karena itu, tambah Hadi, Saatnya, penataan mulai sekarang untuk pemanfaatan anak cucu yang akan datang.
“Terimakasih Camat, Kades. Ketua Lam Kecamatan dan Desa Sijok, atas terlaksananya musyawarah adat ini. Terimakasih juga kepada Bpk dan Ibu yang telah hadir dengan bersemangat mengikuti musyawarah) diskusi adat belitong ini,” katanya.

Hadi juga ajak komponen masyarakat untuk mendukung kegiatan G-20 yang akan berlangsung di Belitung. “Mari kita dukung pemkab dalam pelaksanaan G-20. Semoga G-20 berdampak pada pariwisata serta bermanfaat untuk menunjang perekonomian masyarakat di Belitung,” katanya.

Seperti diketahui, Belitung dusulkan sebagai Tuan Rumah dalam Rangka Development Working Group Goverment (DWG G20).

Adapun pertemuan ini dilaksanakan sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan G20 tingkat Menteri dari Negara-Negara Berkembang.
Direncanakan, pelaksanaan akan dilaksanakan pada Bulan Agustus s/d September 2022.*