Bawaslu Belitung Perpanjang Pendaftaran PKD Hingga 24 Mei 2024

perpanjangan pendaftaran dilakukan agar semua kuota dapat terpenuhi sesuai dengan ketentuan Bawaslu RI.

TANJUNGPANDAN: Bawaslu Kabupaten Belitung mengumumkan perpanjangan masa pendaftaran Panwaslu Desa Kelurahan (PKD) dari 22 Mei hingga 24 Mei 2024. Keputusan ini diambil karena masih terdapat kuota kosong di beberapa desa dan kelurahan.

Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar SH, menjelaskan bahwa perpanjangan pendaftaran dilakukan agar semua kuota dapat terpenuhi sesuai dengan ketentuan Bawaslu RI. “Kami memperpanjang pendaftaran karena masih ada beberapa desa dan kelurahan yang kuotanya belum penuh,” ujarnya.

Menurutnya, setiap desa dan kelurahan memerlukan dua kali jumlah kebutuhan PKD. Misalnya, jika satu desa atau kelurahan membutuhkan satu PKD, maka diperlukan dua calon yang terdaftar, dengan mempertimbangkan keterwakilan perempuan. “Jika kuota laki-laki sudah terpenuhi, sementara perempuan belum, maka pendaftaran yang diperpanjang hanya untuk perempuan,” tambah Rezeki.

Bagi masyarakat yang berminat, berkas lamaran dapat dikirimkan ke Kantor Bawaslu Belitung di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Perawas atau masing-masing sekretariat panwascam. Persyaratan lamaran bisa dilihat di pengumuman Bawaslu Belitung yang tertera di media sosial atau website resmi.

Sementara itu, Bawaslu Belitung juga telah mengumumkan nama-nama anggota Panwascam yang lolos seleksi. Sebanyak 15 orang telah berhasil lolos dari seleksi ketat, baik dari kategori existing maupun pelamar baru. “Iya, sudah kami umumkan dan bisa dilihat di media sosial Bawaslu Belitung untuk nama-nama yang lolos,” kata Rezeki.

Pelantikan anggota Panwascam terpilih dijadwalkan akan dilaksanakan pada 25 Mei 2024 di Hotel Swiss Belresort Belitung. Sebelum menjalankan tugas di Pilkada Serentak 2024, mereka juga akan mendapatkan bimbingan teknis.

Dengan perpanjangan masa pendaftaran ini, diharapkan kuota PKD di semua desa dan kelurahan dapat terpenuhi, sehingga pengawasan Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan optimal dan sesuai harapan.*