Home / Bangka Belitung / Belitung Diusulkan Sebagai Tuan Rumah DWG G20

Belitung Diusulkan Sebagai Tuan Rumah DWG G20

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Pemkab Belitung gelar rapat persiapan Pengajuan usulan Kabupaten Belitung sebagai Tuan Rumah dalam Rangka Development Working Group Goverment (DWG G20), yang bertempat di ruang Rapat Dinas Pariwisata Kab. Belitung Jl. Gegedek Kec. Tanjung Pandan Kab. Belitung. Pada Selasa (30/11/2021).

Acara dibuka Bupati Belitung, H, Sahani Saleh, S.Sos yang dihadiri Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Ketua DPRD Belitung, Ansori, Sekda Belitung, H MZ. Hendra Caya, Staf Khusus Mentri KKP RI sekaligus Staf Khusus Bupati Belitung, Ibu Diah, Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Mustofa Akbar Mahfudz S.E.,M.I.Pol, Danlanud H AS. Hananjoeddin, Letkol Nav Rudi Hartono, Kapolres Belitung diwakili Kasat Binmas, AKP Hamdan, Kabid KUKM Dinas KUMPTK Belitung Budi Swasta SIP.

Pada pertemuan hadir juga BP Geopark Belitong Ibu Anita, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Belitung, Bakri H yang juga Plh Kadispar Belitung, OPD Belitung dan OPD Beltim, Ketua LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) Drs. H Abdul Hadi Adjin, Camat Sijuk Febriansyah, Camat Tanjungpandan Sanwani, Camat Selat Nasik, Kades Se-Kecamatan Sijuk, Perwakilan BUMN dan Perbankkan, Pengurus Perhotelan dan Pelaku wisata.

Adapun pertemuan ini dilaksanakan adalah usulan dari Ibu Diah sebagai Staf Khusus Menteri KKP dan Staf Khusus Bupati Belitung agar Belitong sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan G20 tingkat Menteri dari Negara-Negara Berkembang.
Direncanakan, pelaksanaan akan dilaksanakan pada Bulan Agustus s/d September 2022.
Untuk menunjang hal tersebut diperlukan fasilitas Rumah sakit berstandar kelas A, Perhotelan Bintang 5 minimal Tiga disekitar Hotel Sheraton yang menjadi pusat acara, penambahan jumlah jam penerbangan serta melakukan vaksinasi kepada Masyarakat untuk Dosis 1 harus di atas 80%, Situasi Kamtibmas selalu Kondusif, peran aktif camat dan Kades dapat menjaga Kebersihan Lingkungan di wilayah Masing-masing, pemberdayaan masyarakat oleh LAMBEL, dan Bupati, Forkopimda dan Ibu Diah sebagai pengarah demi suksesnya acara G20.

Sementara itu, Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin sampaikan usulan penunjukan Belitong sebagai Tuan rumah DWG G20 ini merupakan “ANUGRAH” Tuhan Yang Maha Kuasa.
“Ini kesempatan/momentum emas harus kita siapkan dan kita kerjakan dengan Sebaik-baiknya secara terpadu baik internal pemerintah maupun swasta dan masyarakat kedua Pulau Belitong sekaligus juga harus kita syukuri secara bersama dengan menjaga lingkungan serta melestarikan Adat budaya belitong Untuk kesejahteraan masyarakat Belitong,” katanya.
Apalagi kata Hadi, ketika menyaksikan video materi paparan Ketua Bappenas RI dalam Dubai Investment Forum, yang telah ” menjual “Potensi Belitong di Dubai baru baru ini dihadapkan Negara-negara Dunia Internasional yang sungguh-sungguh merupakan kebanggaan sekaligus tantangan bagi pemerintah dan masyarakat Belitong.*