Home / Bangka Belitung / Daya Tampung Terbatas, Perwabel Usul Agar Tambahan SMA Negeri Baru di Tanjungpandan
IMG_20220723_132035

Daya Tampung Terbatas, Perwabel Usul Agar Tambahan SMA Negeri Baru di Tanjungpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Perwabel (Persatuaan Wartawan Belitung) sampaikan perlunya dibangun sekolah baru namanya SMA Negeri 3 di Tanjungpandan karena kondisi daya tampung sudah tidak memadai.
“Perlu dan sudah sangat layak dibangun SMA 3 baru di Tanjungpandan,” kata Yurman ketua Perwabel kepada media di Tanjungpandan.

Yurman sampaikan kelayakan untuk dibangun karena banyak yang berminat ke negeri dengan alasan biayanya lebih ringan dibandingkan dengan swasta.

“Idealnya, sudah waktunya dibangun. Dan juga agar DPRD Babel utusan Belitung berkoordinasi dengan gubernur beserta jajarananya untuk membantu pembangunan SMA Negeri 3. Dan banyak pengaduan yang disampaikan orang tua terkait soal ini,” katanya.”

Menurut Yurman, saat ini sistim pendidikan yang diatur dengan sistim donasi, prestasi dan Afirmasi/mutasi. Karena penerapan sistim tersebut adanya keterbatasan dalam penerimaan oleh karena daya tampung dan kuoto persekolah kurang memadai.

Ia juga menyebut bahwa di kecamatan tanjungpandan terbesar jumlah wilayah dibabel namun di kecamatan Tanjungpandan atau pusat kota Tanjungpandan hanya dua sekolah yakni sma negeri 1 dan sma negeri 2 tentunya sangat perlu dibangun sma 3 yang baru untuk mengatasi masalah tersebut.

Disamping pembangunan sekolah baru, Ia juga meminta kepada pemprov Babel agar membantu pihak sekolah swasta sehingga biaya masuk sekolah tidak terlalu terbebani sehingga orang tua bisa menyekolahkan anaknya masuk sekolah dimana saja.

“Bukankah, tanggungjawab pendidikan di pungung pemerintah bahwa wajib belajar 12 tahun. Jangan sampai putus sekolah, karena tidak ada duit orang tua untuk menyekolahkan. Jangan hanya dibantu dana bos, tapi juga bantuan insentif untuk guru-guru dan fasilitas lainnya,” katanya.”